oleh

Kambingan Barat Jadi Desa Siaga Covid-19, Protek Warga Hingga Siapkan Lumbung Pangan

PortalMadura.Com, Sumenep – Kambingan Barat menjadi salah satu desa siaga Covid-19 di Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Desa Kambingan Barat, Zainuddin menjelaskan, salah satu protokol yang disiapkan adalah memperketat penjagaan di pintu masuk desa. Para pendatang maupun yang akan keluar desa dilakukan pendataan.

“Warga yang akan pergi dan atau yang datang dari zona merah harus mengisi form isian dan pernyataan untuk isolasi mandiri,” katanya, Senin (6/4/2020).

Pemerintahan desa juga mempersiapkan rumah isolasi mandiri. Warga yang terindikasi gejala Covid-19 langsung dilakukan isolasi.

“Rumah isolasi mandiri desa itu terintegrasi dengan Puskesmas, Polsek dan Koramil,” terangnya.

Tidak hanya itu, desa juga menyiapkan lumbung pangan jika terjadi penutupan wilayah. “Semua kita siapkan. Kampanye membudayakan cuci tangan dan harus mandi saat akan masuk rumah juga kita lakukan,” katanya.

Berbagai usaha yang dilakukan tersebut, pihaknya berharap tidak ada warga yang terjangkit Covid-19. “Semoga menjadi awal untuk menyadarkan warga selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan,” tandasnya.

Program pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut pemerintah desa bekerjasama dengan Gusdurian Peduli, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumenep dan Brigade Penolong 13.29 Kwartir Cabang Sumenep.(*)

Penulis : Azizah
Editor : Rena RH
Tirto.ID
Loading...

Komentar