Kamu Ingin Menaklukkan Matematika? Lakukanlah 4 Jurus Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Kamu Ingin Menaklukkan Matematika? Lakukanlah 4 Jurus Ini!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak yang beranggapan kalau matematika itu amat sangat tidak mengasyikkan. Rasanya ingin menghapus mata pelajaran itu dari dunia ini.

Sebagian besar sepertinya setuju dengan kalimat di atas. Lalu bagaimana denganmu? Merasakan hal yang sama juga? Matematika sering dianggap pelajaran yang susah dan menyeramkan, padahal matematika itu bisa menjadi sangat menyenangkan jika kita tau caranya.

Ingin tahu bagaimana cara menaklukkan matematika, Yuk lakukan 8 jurus di bawah ini ya guys.

Cintai matematika

Kamu pernah jatuh cinta? Ketika kamu jatuh cinta tentunya kamu sangat suka mencari tau segala sesuatu tentang dia, kamu selalu merasa ingin dekat dengannya. Hayooo ngaku.. Begitupun matematika, ketika kita bisa mencintai matematika, kita pasti merasa senang ketika bertemu dengannya di sekolah, selalu ingin mengerjakan tantangan darinya, dan tak bisa melewatkan sehari tanpa dia (baca: matematika). Cobalah untuk mendalaminya, dan yang terpenting, buang jauh–jauh bisikan halus yang mengatakan kamu tak suka matematika.

Meskipun kamu belum mencintai matematika, tanamkan selalu di benakmu “aku bisa menaklukkan matematika, matematika itu mudah kok, aku suka matematika” atau pikiran-pikiran positif lainnya. Ingat, pikiran sangat mempengaruhi tindakan kita selanjutnya. So, mulai dari sekarang, ubah pikiran negatifmu tentang matematika.

Pahami konsep dasarnya

Matematika bukan tentang menghafal rumus, tapi matematika adalah tentang cara berfikir. Ketika kamu menghafal rumus, maka hafalan rumus itu tak akan bertahan lama di otak kita. Jauh lebih penting jika kita memahami konsep dasarnya, dan kemudian kita menganalisisnya.

Sebagai contoh, volume prisma adalah luas alas dikali dengan tinggi. Dari sana kita tak perlu menghapal volume tabung, kubus, balok. Karena tabung, kubus, balok merupakan salah satu bentuk dari prisma. Tabung adalah prisma yang memiliki alas berbentuk lingkaran, sehingga volume tabung adalah luas lingkaran dikali tinggi, atau pr^2×t. Sama halnya dengan kubus, dan balok.

Rajin mengerjakan latihan soal

Salah satu kunci keberhasilan untuk bisa mengerjakan matematika adalah membiasakan diri dengan soal-soal matematika. Mulailah untuk mengerjakan dari soal yang mudah terlebih dahulu, lalu perlahan beranjak untuk mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih secara bertahap.

Biasakan meluangkan waktumu untuk mengerjakan soal matematika setiap harinya. Ketika ada soal yang tidak bisa kamu kerjakan, cobalah untuk bertanya ke teman yang lebih mengerti di sekolah, atau kepada guru. Dengan mengerjakan latihan soal, kamu akan familiar dengan rumus -rumus yang sering keluar secara otomatis. Mengerjakan latihan soal juga melatih pola pikir kita.

Cari kegunaan dari setiap babnya

Apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang bertanya “Ngapain sih susah–susah ngerjain integral? Gak akan dipake di kehidupan sehari-hari ini”.

Pertanyaan seperti di atas jika tidak segera kamu cari jawabannya, kamu akan perlahan menganggap matematika tidak penting untuk dipelajari dan mengabaikannya, jadi segera cari tau. Caranya? Kamu bisa browsing, atau bertanya ke gurumu. Dengan mengetahui manfaatnya, kamu lebih termotivasi untuk memperdalam matematika. (alwib.net/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.