oleh

Kandungan Dan Manfaat Pohon Pisang

Dari berbagai literatur disebutkan, jika senyawa yang terkandung dalam pohon pisang, tepatnya bagian batang banyak mengandung zat antrakuinon, saponin, flavanoid, asam askrobat dan lain-lain.

Zat antrakuinon, bermanfaat untuk menyehatkan rambut terutama dalam hal menumbuhkan dan menyuburkan serta menanggulangi kerontokan.

Sementara, zat saponin memiliki manfaat menyembuhkan luka lebih cepat. Sebab pembuluh darah lebih aktif menutup luka.

Adapun asam askrobat berfungsi untuk memprerkuat dan mempercepat pertumbuhan jaringan ikat atau kolagen baru dan akan berefek positif pada kulit.

Dan flavanoid dikenal sangat bermanfaat menanggulangi radang. Sebab bersifat anti-inflamasi.

Manfaat

Dalam sebuah tulisan yang terpampang di ‘khasiatbuahpisang’ disebutkan, bahwa bagian pohon pisang yang sangat bermanfaat adalah jantung batang pisang (atena pungkana, Madura).

Jantung itu, diperoleh dengan cara membuka lapis demi lapis pelepas batang pisang tersebut. Lapisan dengan warna putih, merah dan kecoklatan merupakan bagian jantung batang pisang yang lazim dimanfaatkan untuk kuliner.

Di Jogjakarta, biasa diolah menjadi makanan ringan seperti kripik. Sedangkan di daerah lain, semisal di Sulawesi Selatan, jantung batang pisang, lazim diolah menjadi sayur nikmat penggugah selera.

Loading...

Selain sebagai bahan baku kuliner, manfaat pohon pisang juga cukup beragam terutama dalam hal kecantikan.

Setiap pohon pisang, pasti ada getahnya. Nah, ini sangat baik diaplikasikan pada wajah. Sebab bisa meregenerasi kulit wajah anda, sehingga akan selalu lebih cantik dan kelihatan lebih muda.

Batang pohon pisang, juga bisa digunakan untuk mengobati kerontokan rambut dan juga menyuburkan. Ini cara yang sangat alami dan tidak ada efek samping.

Bagaimana caranya?. Jika anda menjumpai batang pisang yang telah ditebang dan sebagian baying tersebut masih tertancap di tanah, segera lubangi bagian tengah batang sampai membentuk mangkuk.

Lalu, anda bisa menutupnya dengan daun atau plastik. Tinggalkan satu malam. Maka, kesokan harinya akan dijumpai air. Gunakan air tersebut pada rambut. Lakukan sesering mungkin sampai hasilnya terlihat.

Air itu, juga ternyata ampuh digunakan sebagai pembersih darah selepas melahirkan, mencegah uban, obat radang ginjal, sifilis, wasir berdarah, disentri, diare dan masih banyak lagi lainnya.

Luar biasa manfaat pohon pisang yang selama ini dibuang dan dianggapnya hanya sampah. Ingin irit keuangan keluarga? atau ingin mendatangkan uang dari pohon pisang?. Tinggal anda yang menentukan. Selamat mencoba.(htn)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar