oleh

Kapal Tak Berangkat, Calon Penumpang Luruk Kantor Bupati

PortalMadura.Com, Sumenep – Kapal motor yang bertolak dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur kesejumlah pulau tidak berangkat karena cuaca buruk. Akibatnya, sejumlah calon penumpang ngeluruk kantor Bupati setempat, Senin (13/7/2015).

“Kejadian cuaca buruk sudah sering terjadi, tapi kenapa pemerintah daerah tidak mengantisipasinya,” kata Araful Firok, salah satu calon penumpang kapal asal kepulauan.

Ia meminta Pemkab segera mencarikan solusi atas persoalan ini, sebab sebentar lagi sudah lebaran. Jadi warga kepulauan harus berlebaran di kampung halamannya, tapi kalau tetap tertahan di pelabuhan, dipastikan warga tidak bisa berlebaran di rumahnya.

“Kalau bupati mau kunjungan ke wilayah kepulauan kok bisa menggunakan kapal yang bagus, tapi kalau rakyat justru harus tertahan di pelabuhan untuk menunggu cuaca membaik,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Hadi Soetarto menyatakan, tidak bisa memprediksi kondisi cuaca karena ini kejadian alam dan untuk keberangkatan kapal bukan kewenangan pemkab, apalagi tidak berangkat karena cuaca buruk.

“Kewenangan Sahbandar, apakah boleh berangkat atau tidak. Kalau terkait kondisi cuaca tidak bisa dipaksakan karena harus mengedepankan keselamatan penumpang,” tuturnya.

Sebelumnya, Shabandar Kalianget menunda keberangkatan kapal yang bertolak dari pelabuhan Kalianget karena ketinggian ombak mencapai 4-5 meter dan kecepatan angin mencapai 60 kilometer perjam. (arifin/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.