Kapalan di Telapak Kaki Ternyata Memiliki Manfaat Lho?

Avatar of PortalMadura.com
Kapalan di Telapak Kaki Ternyata Memiliki Manfaat Lho?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kapalan sering dianggap sebagai hal yang tidak berguna dan sering muncul dikaki. Seseorang akan berusaha menghilangkan kapalan di kaki ini mulai dari salep hingga batu apung.

Dilansir dari merdeka.com yang dikutip Medical Daily, diketahui bahwa kapalan di kaki ini ternyata memiliki fungsi yang lebih baik dibanding bantalan sepatu yang paling baik. Walau selama ini dianggap mengganggu, penelitian terbaru mengungkap manfaat sebenarnya dari kapalan.

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan ketika Anda menggunakan sepatu karena tebalnya bantalan pelindung yang ada. Walau nyaman digunakan, sepatu ini membuatmu tidak bisa merasakan permukaan secara akurat.

Sejumlah penelitian mengklaim bahwa kapalan yang ditemukan pada kaki seseorang mungkin merupakan pelindungmu ketika berjalan. Faktanya, pada bagian kaki kapalan tersebut seseorang tidak terganggu sensitivitasnya terhadap permukaan.

Baca Juga: DLH Bersihkan Pagar Besi Taman Monumen Trunojoyo Sampang

Daniel Lieberman menyebut bahwa penelitian ini dilakukan untuk melihat perbedaan antara sepatu modern dengan sepatu natural yang dipakai sejak ribuan tahun lalu. Ujar Lieberman bahwa kapalan di kaki merupakan hal normal dan memiliki sejumlah manfaat.

Para pemiliki diabetes merupakan orang yang sebaiknya tidak berjalan telanjang kaki atau membiarkan munculnya kapalan karena dapat menyebabkan sejumlah risiko. Selain pada penderita diabetes, seseorang dengan masalah saraf di kaki juga harus selalu menggunakan alas kaki.

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan ketika kamu menggunakan sepatu karena tebalnya bantalan pelindung yang ada. Walau nyaman digunakan, sepatu ini membuatmu tidak bisa merasakan permukaan secara akurat. Hal ini bisa menghindari munculnya cedera berlebih dari berjalan telanjang kaki.

Lieberman menegaskan bahwa harus ada penelitian yang membandingkan bantalan sepatu modern dengan telapak kaki minim atau sepatu dengan sol lebih tipis atau tebal. Dia menyebut bahwa alas kaki tipis serupa dengan kapalan tebal di kaki.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.