oleh

Karena Kelalaian Pengendara, 78 Nyawa Melayang di Jalan

SUMENEP (PortalMadura) – Jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur selama tahun 2013 tercatat sebanyak 130 kejadian.

Jumlah tersebut turun drastis dibanding tahun 2012 lalu, sebanyak 208 kejadian kecelakaan lalu lintas.

Demikian juga dengan jumlah korban meninggal dalam kecelakaan lalu lintas selama tahun 2013, turun dibanding tahun 2012. Untuk tahun 2012, jumlah korban meninggal mencapai 93 orang. Sedangkan tahun 2013 turun menjadi 78 orang.

Kasat Lantas Polres Sumenep, AKP Hari Subagyo, menjelaskan, kejadian kecelakaan mayoritas melibatkan sepeda motor. Sedangkan penyebabnya didominasi faktor ‘human error‘.

“Jadi penyebab kecelakaan lalu lintas ini masih didominasi kelalaian pengendara sendiri. Misalnya mengantuk, tidak memperhatikan rambu-rambu, belok mendadak, atau juga kecepatan tinggi. Kalau faktor kerusakan jalan prosentasenya kecil,” katanya, Selasa (31/12/2013).

Dari ratusan kejadian kecelakaan lalu lintas, justru tidak terjadi di areal ‘black spot‘ atau daerah rawan kecelakaan.

“Untuk kecelakaan di Nambakor yang merupakan ‘black spot‘, sepanjang tahun 2013 ini hanya 5 kejadian. Selebihnya terjadi di beberapa titik lain,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk ‘black spot‘, pihaknya memang memberikan perhatian khusus, seperti meningkatkan patroli di kawasan tersebut, dan menambah rambu-rambu peringatan.

“Hasilnya cukup memuaskan, karena ternyata di ‘black spot’ ini terjadi penurunan drastis kejadian kecelakaan,” tandasnya.(ida/htn)


Komentar