Kasus Dugaan Korupsi Alkes Mandek

Avatar of PortalMadura.Com
Kasus Dugaan Korupsi Alkes Mandek
Ist. Net

PortalMadura.Com, – Kasus dugaan alat kesehatan (Alkes) di lingkungan RSUD Dr. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, Jawa Timur hingga kini belum ada perkembangan.

Kasus yang ditangani Polres Pamekasan itu belum menetapkan tersangka meski sudah dilaporkan sejak tahun 2012 lalu. Korp baju abu-abu itu tidak mau berkomentar banyak saat diwawancarai wartawan.

“Prosesnya tetap berjalan, sampai saat ini terus berjalan,” dalih Kanit Tipikor Polres Pamekasan, Iptu Anwar Subagyo saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2015).

Ketika ditanya kendala tak kunjung ada penetapan tersangka dalam kasus yang merugikan negara sebesar Rp 4,2 miliar tersebut. Dia tidak dapat memberikan penjelasan secara rinci.

“Pokoknya proses tetap berjalan, ya kendalanya penghitungan kerugian negara,” jawab dia saat didesak sejumlah wartawan kendala proses hukum kasus tersebut.

Dalam kasus itu, saharusnya anggaran Rp 4,2 miliar itu dibelikan sebanyak 10 item alkes, namun hanya dibelikan 8 item alkes saja. Selain itu, terdapat selisih harga dan keuntungan yang didapatkan rekanan.

Aturannya, keuntungan rekanan itu tidak boleh lebih dari 15%. Ternyata dari beberapa item alkes yang dibeli itu, rekanan mengambil keuntungan rata-rata hingga 75%.

Selain itu, ditemukan kejanggalan pada harganya, sebab seharusnya pemangambilan untung tidak lebih dari 15 persen, keuntungan yang didapat oleh rekanan dari beberapa alat kesehatan mencapai 75 persen. Bahkan, harganyapun, di barang yang sama di tempat lain, selisinya cukup jauh dari alat yang dibeli rekanan. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.