Kaum Hawa Sumenep Dominasi Seleksi Cabang Khat Menuju MTQ Jatim

Avatar of PortalMadura.Com
Kaum Hawa Sumenep Dominasi Seleksi Cabang Khat Menuju MTQ Jatim
Seleksi Cabang Khat Menuju MTQ Jatim, Kamis (25/10/2018)

PortalMadura.Com, – Kaum hawa di Kabupaten Sumenep, Madura ikut serta dalam menuju ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Bahkan, seleksi khat yang bertempat di depan salah satu hotel Jl. Trunojoyo Sumenep, Kamis (25/10/2018) yang bertajuk Seleksi Peserta MTQ Kabupaten Sumenep 2018, dodimonasi kaum hawa.

“Baru terjadi tahun ini, pesertanya terbanyak justru dari perempuan. Kalau sebelum-sebelumnya, pada cabang khat ini mayoritas laki-laki,” terang pembina khat Kabupaten Sumenep, Ust. Subaidi, pada PortalMadura.Com, Kamis (25/10/2018).

Hal tersebut, diakui Subaidi menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Sumenep. Bahkan, pihaknya akan mempertimbangkan mereka agar terus mendapat pembinaan di masing-masing kecamatan meski tidak mewakili Sumenep pada ajang MTQ.

“Ini bukti bahwa Sumenep tidak kekurangan peserta untuk cabang khat. Mereka perlu terus didorong dan harus mendapat pembinaan,” tandasnya.

Saat ini, Kabupaten Sumenep sedang melakukan seleksi peserta pada MSQ (Musabaqoh Syarh Quran), khat dekorasi, khat naskah, khat kontemporer dan khat mushaf.

Untuk MSQ umur 16 tahun diikuti sebanyak 19 orang (13 diantaranya putri), khat dekorasi umur 32 tahun 5 orang (3 putri), khat naskah 3 orang (semuanya putri), khat kontemporer 5 orang (3 putra), dan khat mushaf 10 orang (5 orang diantaranya putri).

Dari hasil seleksi tersebut, mereka akan mengikuti tahap selanjutnya untuk persiapan menuju MTQ Jatim ke-28.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.