Kebakaran Lahan Sumatra Selatan, TNI Tangkap Siklon Filipina

Avatar of PortalMadura.Com
Kebakaran Lahan Sumatra Selatan, TNI Tangkap Siklon Filipina
:Ilustrasi - Personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut memadamkan kebakaran hutan. (Yenni Safana - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Tentara Nasional Indonesia () pada Senin sudah menerbangkan pesawat yang dilengkapi dengan alat teknologi modifikasi cuaca ke untuk mengatasi masalah hutan dan lahan menjelang pelaksanaan Asian Games 2018.

Teknologi modifikasi cuaca tersebut akan memanfaatkan siklon yang sedang terjadi di langit Filipina.dilaporkan Anadolu Agency, Senin (30/7/2018)

“Siklon di atas Filipina ini akan kita manfaatkan ekornya. Kita akan tangkap ekor siklon dan kita semai supaya terjadi hujan buatan di wilayah Sumatera Selatan,” terang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers resmi yang digelar di Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Selain menciptakan hujan buatan, TNI juga memasang sejumlah alat di berbagai wilayah yang memiliki sekitar 20 titik api di Sumatera Selatan seperti Tulung Selapan, Pampangan, Tanjung Batu, dan Cengal.

“Alat tersebut bertujuan untuk memonitor kebasahan gambut. Kalau gambut sudah mulai kering, maka alat akan mengeluarkan sinyal dan sebelum api muncul, gambut akan kita siram,” jelas Hadi.

Anggota TNI, Kepolisian Negara Republik Indonesia, serta stakeholder terkait akan diterjunkan untuk menyiram gambut yang rawan terbakar itu.

Dia berharap bahwa teknologi modifikasi cuaca, alat pemantau kebasahan gambut, dan penyiraman tersebut dapat mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan dengan baik agar Asian Games 2018 khususnya yang dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan, dapat terselenggara dengan baik pula.

Sekitar 45 negara termasuk Indonesia akan mengikuti Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang dari 18 Agustus sampai 2 September.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.