Kecewa Karena Lamaran Kerja Ditolak? Ini Pelajaran Berharga yang Perlu Anda Baca

Avatar of PortalMadura.com
Kecewa Karena Lamaran Kerja Ditolak? Ini Pelajaran Berharga yang Perlu Anda Baca
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu penolakan yang berasa paling sakit yaitu saat . Kondisi ini membuat banyak orang merasa tidak percaya diri lagi, perasaan putus asa dan kecewa pun terkadang juga ikut menyelimuti suasana tersebut.

Hey,,, jangan terpuruk dengan keadaan itu. Karena bukan hanya Anda yang mengalaminya. Tapi, hampir setiap orang mengalami yang namanya penolakan. Bahkan orang yang suksespun pernah merasakan berbagai penolakan sebelum akhirnya ia berada di puncak kejayaannya. Jadi, ayo bersemangat lagi.

Nah, agar tidak berlarut dalam kesedihan, ini dia pelajaran berharga yang dapat membuat Anda menjadi lebih baik;

Belajar untuk Lebih Rendah Hati
Sepintar apapun Anda, sebanyak apa pun prestasi yang pernah diukir, bukan menjadi sesuatu yang perlu terlalu dibanggakan bahkan membuat diri menjadi sombong. Prestasi dan kepintaran yang dimiliki tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan orang pintar di seluruh dunia.

Prestasi dan kepintaran yang dimiliki memang menjadikan Anda sebagai kandidat kuat untuk diterima bekerja. Akan tetapi, jika terlalu menyombongkan hal tersebut, perusahaan akan menganggap Anda angkuh. Orang angkuh juga sulit untuk bergabung dan berkolaborasi secara tim. Maka jangan heran jika ditolak.

Apabila penolakan terjadi karena terlalu menyombongkan diri, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga. Ketahui kalau sikap sombong tidak ada gunanya, malah akan membawa bencana pada karier. Oleh sebab itu, peliharalah sikap rendah hati kemanapun dan di manapun Anda berada.

Jangan Terlalu Berharap
Tidak ada perintah yang menyatakan berharap itu dilarang. Setiap orang boleh berharap hasil terbaik atas apa yang telah dilakukannya. Termasuk ketika menjatuhkan lamaran di sebuah perusahaan. Hanya saja, menaruh harapan yang berlebihan tidaklah baik. Jika suatu ketika Anda mengalami penolakan, maka rasa sakitnya akan beribu-ribu kali lipat. Bahkan ada yang mengalami stres bahkan gila.

Agar stres tidak terjadi, mulailah untuk mengikis sifat terlalu berharap ini sedikit demi sedikit. Mulailah bersikap realistis dan belajar menerima apapun hasil yang akan didapatkan.

Jangan Jatuhkan Lamaran Hanya di Satu Perusahaan
Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pelamar kerja adalah hanya menjatuhkan lamaran di satu perusahaan saja. Padahal, ada banyak sekali perusahaan yang ada di Indonesia ini. Anda yang memiliki prestasi dan kecerdasan tentu saja bisa melamar di belasan bahkan puluhan perusahaan.

Ingat, peluang diterima bekerja menjadi sangat kecil jika lamaran hanya dijatuhkan di satu perusahaan saja. Berbanding terbalik dengan surat lamaran yang dijatuhkan di sana-sini. Peluang diterima bekerja juga jauh lebih banyak. Apabila ditolak di perusahaan yang satu, masih ada cadangan beberapa perusahaan lainnya.

Oleh karena itu, mulailah melirik beberapa perusahaan yang sesuai dengan gelar dan passion dalam diri. Jika telah menemukan perusahaan yang sesuai, masukan lamaran. Lagi pula tidak ada batasan untuk pengajuan lamaran kerja. Selagi masih bisa mendaftar di banyak perusahaan, mengapa hanya melamar di satu perusahaan?.

Jadikan Kegagalan sebagai Langkah Menuju Sukses
Anda pasti sering mendengar “kegagalan adalah langkah awal menuju gerbang kesuksesan”. Percaya atau tidak, perkataan itu benar adanya. Lamaran kerja yang ditolak merupakan sebuah kegagalan yang harus dipetik nilai positifnya. Kegagalan tersebut juga harus dijadikan sebagai pelajaran paling berharga untuk menjadi sukses.

Jika suatu saat Anda masih mengalami kegagalan, tetap cari apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut. Lakukan penyelidikan terhadap diri sendiri. Jika penyebabnya sudah ditemukan, jangan lagi mengulangi kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya.

Terus Berusaha dan Optimis
Kegagalan bukanlah hal yang terus-menerus harus dipikirkan. Ada saatnya di mana Anda harus move on dari kegagalan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jadikan kegagalan sebagai langkah menuju kesuksesan. Tetap pertahankan optimisme dan terus berusaha meraih kesuksesan.

Sadar atau tidak, pencapaian kesuksesan merupakan campuran antara usaha dan optimisme. Apabila keduanya berjalan beriringan, kesuksesan dapat diraih dengan sangat mudah.

Tidak Ada Hasil yang Mengkhianati Usaha
Kesuksesan bukanlah sesuatu yang bisa diraih dengan jentikan jari. Ada usaha yang diperlukan untuk mewujudkannya. Percayalah kalau usaha dan kerja keras Anda akan berbuah manis ke depannya.

Jika lamaran kerja ditolak, tetap bersemangat dan berjuang sekuat tenaga. Ingat, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. (Suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.