PortalMadura.com

Keindahan Wisata Bangkalan Dinilai Setara dengan Bali

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 23:27
Keindahan Wisata Bangkalan Dinilai Setara dengan Bali
Pokdarwis Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan– Instruktur Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Aris, menilai keindahan potensi wisata alam di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur setara dengan keindahan wisata alam di Bali.

Dengan demikian, untuk mengembangkan potensi itu, pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus memulai dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Perlu ada pembangkitan semangat untuk pemberayaan sadar wisata terhadap penduduk.

“Madura itu kaya akan obyek wisatanya, tapi belum dikelola secara maksimal, belum dieksplor dengan maksimal. Jadi kita perlu membangkitkan SDM penduduk lokal untuk bisa mengeksplor potensi itu,” terang dia, saat ditemui usai memberikan materi Pokdarwis di Gedung PKPN Bangkalan, Selasa (5/12/2017).

Dikatakan, potensi wisata yang akan dikembangkan di Bangkalan, terfokus kepada Community based tourism (berbasis masyarakat) yang saat ini tengah menjadi trend di beberapa daerah.

Dengan demikian, untuk mewujudkan itu pemerintah selain harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, juga harus dimulai dengan pengembangan SDM.

“Jadi yang dinginkan itu sama dengan pusat, yakni wisata berbasis masyarakat, sehingga disitu akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat, dari aspek ekonominya dan semua lapisan harus merasakannya,” katanya.

Pihaknya optimis, Bangkalan akan menjadi acuan atau bahkan menjadi daerah yang maju dibidang pariwisata di masa yang akan datang. Hal itu berdasarkan letak giografis tidak jauh dari ibu kota provinsi Jawa Timur. Bangkalan menjadi satu satunya daerah di Jawa Timur dengan potensi yang akan ditawarkan kepada wisatawan.

“Saya yakin, bahwa Bangkalan akan mengalami perkembangan disektor pariwisata, kalau sekarang yang kita kenal Madura hanya Sumenep, beberapa tahun kedepan Bangkalan akan menyusul, makanya pelatihan ini juga akan ada materi tentang begaimana merubah persepsi, bagaimana menerima wisatawan dan lainnya,” tandasnya.(Hamid/Nanik)

Hari Jadi Sumenep
Hari Jadi Sumenep
Hari Jadi Sumenep
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional