oleh

Kejari Sampang Tahan Dua Konsultan Pengawas RKB SMPN 2 Ketapang

PortalMadura.Com, Sampang – Dua konsultan pengawas kegiatan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMPN 2 Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ditahan pihak Kejari setempat.

Keduanya, Didik Hariyanto dan Sofyan selaku staf pengawas. Mereka diduga terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi pada kegiatan RKB SMPN 2 Ketapang, Sampang.

Anggaran RKB SMPN 2 Ketapang, Sampang, tersebut mencapai Rp 134 juta bersumber dari APBD Sampang tahun anggaran 2016. Namun, RKB SMPN 2 Ketapang, Sampang, itu ambruk tahun 2017.

Dalam kasus ini telah menyeret Direktur CV Amor Palapa, Abd Aziz, sebagai tersangka dan sudah disidangkan di pengadilan Tipikor Surabaya.

“Dua konsultan pengawas kami tahan. Robohnya RKB itu merupakan tanggung jawab mereka selaku konsultan pengawas,” terang Kasi Pidsus Kejari Sampang, Edi Sutomo, Selasa (10/9/2019).

Loading...

Selama proses penanganan kasus itu, pihaknya menyebut sudah menahan lima tersangka. Yakni Direktur CV Amor Palapa, Abd Aziz, peminjam CV, Mastur Kiranda, pelaksana kegiatan, Norman, konsultan pengawas, Didik Hariyanto dan staf, Sofyan.

“Ada lima tersangka yang sudah kami tahan dalam kasus SMPN 2 Ketapang,” ujarnya.

Kedua tersangka Didik Hariyanto dan Sofyan dikenakan pasal 2, pasal 3, dan pasal 7 ayat 1 huruf A juncto pasal 18 Undang-undang Tipikor juncto pasal 5 ayat 1 KUHP.

Tersangka dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B daerah Sampang selam 20 hari ke depan.

“Pekan ini, berkas perkara sudah bisa dilimpahkan ke pengadilan Tipikor Surabaya,” sebutnya.

Selain dugaan Tipikor itu menjerat lima tersangka, Kejari menunggu pelimpahan sisa dua berkas perkara dari Polres Sampang. Yakni berkas untuk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada kegiatan RKB SMPN 2 Ketapang.

“Dua berkas perkara itu, bisa segera lengkap dan dikirim kepada kami untuk diteliti, dikaji dan dilanjutkan pada tahap 2,” pungkasnya.(*)


Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar