oleh

Kekerasan Terhadap Anak Meningkat, Peksos Madura Turun Kesekolah

PortalMadura.Com, Bangkalan – Puluhan anggota Pekerja Sosial (Peksos) Jawa Timur, Wilayah Madura, menggelar turun jalan dengan mendatangi sejumlah sekolah dasar (SD), di wilayah Kabupaten Bangkalan, Selasa (15/3/2016).

Kedatangan Peksos wilayah Madura itu, terdiri dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep, untuk mensosialisasikan tindak kekerasan yang kerap terjadi pada anak.

“Sosialisasi yang kami lakukan ini untuk menghimbau kepada para siswa siswi supaya bisa menjaga diri sendiri dari kekerasan yang sering kali dilakukan oleh orang terdekatnya,” kata Kordinator Wilayah Peksos Madura, Ach Mutamtam, ketika di temui di SDN Pangeranan V, Kecamatan Kota setempat.

Menurutnya, saat ini banyak anak yang rentan menjadi korban tindak kekerasan mulai dari anak usia di bawah 18 tahun. Tindakan kekerasan itu bisa berupa kekerasan fisik, eksploitasi dan kasus penculikan.

“Di Madura kekerasan terhadap anak mulai ada peningkatan, salah satu penyebabnya adalah akses media sosial, yang sering kali dilakukan oleh orang terdekat bisa orang tua, kerabat dan teman di dunia maya,” ungkapnya.

Mutamtam menambahkan, dalam momen hari pekerja sosial se dunia pihaknya mengajak semua elemen masyarakat, khususnya pemerintah daerah, pemerhati anak, untuk dapat mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap anak.

“Generasi muda merupakan generasi penerus Bangsa yang harus dilindungi dan diselamatkan dari semua bentuk kekerasan sejak dini, agar mereka dapat hidup layak,” pungkasnya. (fir/choir)



Komentar