Kekuatan 20 Sumur, PDAM Sumenep Suplai Air pada 12 Ribu Lebih Pelanggan

Avatar of PortalMadura.Com
Sih Purwadianto
dok. Sih Purwadianto

PortalMadura.Com, – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur telah menyuplai air kepada 12.650 pelanggan dengan kekuatan 20 sumur yang dikelolanya.

“Ada 20 sumur terdapat di 10 lokasi yang kami kelola untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan maupun warga yang membutuhkan,” terang Direktur , Sih Purwadianto, Rabu (22/3/2017).

Ia menyampaikan, 20 sumur yang dikelolanya tersebar di 7 kecamatan yakni kecamatan Kota sebanyak 11 sumur, Batuan satu sumur, Pragaan 2 sumur, Ambunten satu sumur, Kangean tiga sumur dan Sapudi satu sumur.

“Jadi, selama ini PDAM Sumenep tidak pernah kekurangan air bersih, bahkan masih ada sisa yang bisa dikelola lagi,” tuturnya.

Selain memasok air kepada belasan ribu pelanggan, PDAM Sumenep juga telah mendistribusikan air bersih kepada warga yang membutuhkan pada musim kemarau.

Untuk pendistribusian air bersih itu, PDAM bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, karena yang warga biasanya meminta pendistribusian air itu melalui BPBD.

“Pada musim kemarau, warga di sejumlah desa di Sumenep sering terjadi kekurangan air bersih. Mereka biasanya meminta bantuan air bersih kepada BPBD Sumenep, kemudian kami untuk yang mendistribusikannya,” tegasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, sumber air di 20 sumur yang dikelola PDAM Sumenep dapat memproduksi 360 ribu hingga 375 ribu meter kubik per bulan. Sementara kebutuhan air bagi belasan ribu pelanggan PDAM hanya pada kisaran 250 ribu hingga 270 ribu meter kubik per bulan.

“Jadi masih ada sisa produksi yang bisa dikembangkan untuk penambahan palanggan lain,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.