Kelaparan Akut Intai Penduduk Somalia

Avatar of PortalMadura.Com
Kelaparan Akut Intai Penduduk Somalia
dok. Penduduk Somalia (Foto. en.neonetwork.pk)

PortalMadura.Com- bisa kembali mengalami bila bantuan kemanusiaan ditarik dari negara itu, kata Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) melalui sebuah pernyataan.

Pernyataan itu dirilis sebelum konferensi kemanusiaan Somalia digelar di London pada Selasa, (6/3/2018).

Direktur regional NRC Nigel Tricks mendesak aksi konkret dari komunitas internasional.

“Komunitas internasional menyelamatkan ribuan nyawa di Somalia tahun lalu dan berhasil mencegah situasi kelaparan,” jelasnya. “Namun kurangnya bantuan kemanusiaan pada saat ini mengancam Somalia, yang bisa memantik krisis atau bencana.”

Pada Selasa, pejabat-pejabat tinggi, diplomat, pendonor, PBB dan sejumlah pihak lainnya akan berkumpul di London untuk merundingkan situasi di Somalia, menurut pernyataan NRC.

“Sebanyak 5,4 juta warga Somalia membutuhkan bantuan tahun ini. Lebih dari 300.000 balita mengalami malnutrisi akut, termasuk 48.000 anak-anak yang sangat kekurangan gizi dan terancam mati,” kata NRC.

Menurut PBB, sebanyak 2,7 juta orang di dunia berada dalam keadaan krisis atau darurat lapar.

Untuk mengatasi musim kemarau yang akan datang dan membangun ulang negara Afrika Timur konon dibutuhkan biaya sebesar USD 1,5 miliar.

Pada 2017 saja, lebih dari 1,1 juta warga Somalia telah meninggalkan negara mereka karena kekeringan yang berkepanjangan dan konflik yang berlarut-larut, menurut NRC.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.