Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Capai Rp5 Ribu Per Kg

Avatar of PortalMadura.Com
Kenaikan Harga Cabai dan Bawang Capai Rp5 Ribu Per Kg
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Kenaikan sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur cukup tajam yakni mencapai Rp5 ribu per kg. Kenaikan harga paling tajam terjadi pada komoditas bawang dan cabai, yakni kisaran Rp5 ribu per kilogramnya.

“Untuk bawang merah, saat ini seharga Rp38 ribu per kg, pada minggu lalu seharga Rp33 ribu per kg. Sedangkan bawang putih, pekan lalu seharga Rp27 ribu per kg, namun pekan ini mencapai Rp 32 ribu per kg,” ungkap kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumenep, Syaiful Bahri, Rabu (16/3/2016).

Syaiful menerangkan, kenaikan harga juga terjadi pada harga cabai. Untuk cabai keriting, saat ini seharga Rp42 ribu per kg, dari pekan lalu seharga Rp35-37 ribu per kg. Untuk cabai biasa, pekan ini harganya mencapai Rp48 ribu per kg, pada pekan lalu seharga Rp46 ribu per kg.

“Kenaikan paling tajam terjadi pada cabai rawit yakni seharga Rp30 ribu per kg. Padahal, sebelumnya seharga Rp22 ribu per kg,” ungkapnya.

Syaiful menambahkan, kenaikan harga komuditas tersebut disebabkan minimnya pasokan dari sentra penghasil dua komuditas itu, ditambah dengan musim hujan yang menyebabkan sejumlah daerah penghasil mengalami gagal panen.

“Komoditas bawang dan cabai ini memang rawan terjadi busuk, apalagi dimusim penghujan. Makanya banyak sentra penghasil yang gagal panen karena air terlalu banyak,” ujarnya.

Untuk menstabilkan harga komuditas, pemerintah harus menggelar operasi pasar. Operasi pasar itu biasanya diprogramkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan daerah juga membantu pelaksanaan operasi pasar itu.

Untuk sejumlah komoditas lain harganya stabil. Seperti daging sapi seharga Rp110 ribu per kg, ayam broiler Rp28 ribu per kg, dan ayam kampung Rp60 ribu per kg.

“Untuk telur ayam ras pada minggu ini mencapai Rp18 ribu per kg, dan telur ayam kampung Rp40 ribu per kg,” tukasnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.