Kenali, 3 Hal Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Kenali, 3 Hal Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Puasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat puasa tiba, usaha Anda untuk menambah berat badan menjadi lebih menantang. Puasa bisa menjadi momen yang ditakuti bagi para pemilik tubuh kurus. Berkurangnya kesempatan untuk makan mungkin akan membuat berat badan terus turun sehingga berat badan semakin jauh dari ideal.

Sebab salah satu kunci untuk menaikkan berat badan, yaitu makan lebih sering tidak bisa dilakukan secara maksimal. Anda hanya perlu memerhatikan bagaimana pola makan saat puasa yang paling baik.

Hal itu memang benar bisa terjadi, tapi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Berkurang 1-2 kilogram setelah puasa itu masih dalam hitungan wajar. Sebab ada perubahan pola makan yang terjadi.

Yang harus dijaga adalah agar berat badan tidak berkurang terlalu signifikan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan tetap stabil selama menjalankan puasa Ramadan.

Atur Porsi
Jadikan kebutuhan kalori harian sebagai pacuan. Misal kebutuhan kalori harian sebesar 2000 kal, maka berusahalah untuk memenuhinya dengan cara mengonsumsi makanan berkalori tinggi, atau dengan makan tiga kali yaitu saat buka puasa, setelah salat tarawih, dan ketika sahur.

Lihat menu
Siasati keterbatasan kesempatan makan dengan cara mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan padat ketika makan. Contohnya, susu full cream, kacang-kacangan, alpukat, dan smoothies.

Baca Juga : Petahana Tumbang, Wajah Baru Kuasai DPRD Sumenep, PKB Terbanyak Golkar Nihil

Tidur cukup
Pola tidur pasti akan berubah selama puasa Ramadan, dan itu bisa mempengaruhi timbangan berat badan. Nah, agar metabolisme tubuh tetap berjalan senormal mungkin, usahakan tidur tepat waktu dan durasi yang cukup.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.