Kenali 3 Makanan yang Sehat untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 3 Makanan yang Sehat untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengonsumsi tidak selamanya berdampak negatif. Faktanya, ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi sebelum tidur dipercaya bisa memengaruhi kenyamanan tidur dan kesehatan. Benarkah?.

Menurut National Institutes of Health mengatakan, mengonsumsi makanan besar, makanan tinggi lemak dan kafein sebelum tidur memang akan menyebabkan ketidaknyamanan dan menggangu tidur malam Anda.

Akan tetapi, tidak semua makanan yang dikonsumsi sebelum tidur itu tidak baik, ada beberapa makanan yang justru memiliki dampak yang baik pada kesehatan. Apa saja?.

Berikut tiga makanan yang sehat untuk dikonsumsi sebelum tidur:

Karbohidrat Kompleks
Makanan yang mengandung karbohidrat seperti gandum utuh, dan sayuran bertepung memberikan nutrisi serta serat yang baik. Karbohidrat mampu meningkatkan serotin, zat kimia otak yang menciptakan rasa nyaman terkait suasana hati yang positif.

Karbohidrat kompleks juga mengenyangkan bagi perut sehingga mencegah rasa lapar di malam hari. Roti gandum, sereal, beras merah, ubi jalar, dan labu adalah beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi.

Makanan Tinggi Tryptophan
Trytophan adalah asam amino esensial dan blok pembangun protein. Kandungan ini memiliki peran penting dalam sistem saraf untuk kemampuan relaksasi dan ketenangan. Tryptophan hadir dalam berbagai makanan sehat seperti ayam, dada kalkun, tuna, kedelai, daging sapi, dan susu.

Tryptophan memberikan dampak positif atas peningkatan mood dan tidur pada orang dewasa yang mengalami sulit tidur.

Makanan yang Bikin Nyaman
Makanan yang bikin nyaman memberikan efek menenangkan secara emosional. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengingatkan Anda pada kenangan masa kecil yang menyenangkan ketika emosi membuat stres menghalangi tidur. Anda disarankan untuk mengonsumsi popcorn, puding rendah lemak, dan oatmeal. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.