Kenali 4 Ciri Bahan Bakar yang Digunakan Kurang Berkualitas

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 4 Ciri Bahan Bakar yang Digunakan Kurang Berkualitas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menggunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi pada kendaraan memang merupakan syarat wajib agar pembakaran sempurna. Sebab, bila menggunakan bahan bakar berkualitas buruk, kendaraan bisa bermasalah. Hal itu tentu banyak merugikan, lantaran harus memperbaiki kendaraan.

Perlu diketahui, bahwa bahan bakar berkualitas buruk yang terlanjur masuk ke tangki mobil bisa dilihat dari beberapa hal. Apa saja?.

Berikut empat tanda kendaraan Anda menggunakan bahan bakar yang kurang berkualitas:

Akselerasi Lemot
Paling mudah mendeteksi bahan bakar kotor atau berkualitas buruk adalah saat mobil berakselerasi. Mobil bisa saja delay dan tidak responsif karena mesin mengalami beberapa masalah.

Mobil akan membutuhkan beberapa detik untuk bereaksi terhadap pedal akselerator sebelum berakselerasi. Atau bahkan tidak akan berakselerasi sama sekali. Jika pengemudi mencoba melaju kencang, gejala itu akan terasa dengan jelas.

Kecepatan Berubah
Bahan bakar berkualitas buruk bisa membuat mobil mengubah kecepatannya saat melaju. Bahkan, ketika pengemudi tidak menginjakkan kaki di pedal gas. Mobil akan berubah kecepatan tanpa sebab.

Mati Mendadak
Tanda lainnya adalah mobil tiba-tiba berhenti saat melaju. Hal itu bisa terjadi lantaran proses pembakaran internal tidak bisa menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mempertahankan operasi mesin. Akibatnya, mobil mati mendadak.

Baca Juga: 9 Cara Jitu Bikin Mobil Hemat Bahan Bakar

Susah Dinyalakan
Bahan bakar kotor atau berkualitas buruk seringkali menyulitkan saat mesin dinyalakan. Jika terlalu banyak air atau kotoran yang tercampur dengan bahan bakar, mesin mobil akan bekerja tidak stabil.

Bahkan, bisa menyebabkan kebakaran. Meski ada banyak faktor yang menyebabkan kasus ini, tapi bahan bakar berkualitas buruk adalah penyebab yang sering terjadi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.