oleh

Kenali 4 Gejala Orang yang Ingin Bunuh Diri

PortalMadura.Com – Seseorang yang mengalami depresi cenderung memiliki pemikiran untuk bunuh diri. Keinginan ini timbul biasanya karena akumulasi perasaan yang tertekan dan sudah berlangsung lama.

Oleh karena itu, jika ada seseorang yang mengutarakan akan bunuh diri jangan diremehkan. Selain itu, untuk mencegah orang-orang terdekat Anda melakukan hal itu, sebaiknya ketahui beberapa tanda seseorang ingin bunuh diri. Apa saja?

Berikut tandanya:

Bicara Ingin Bunuh Diri
Jika seseorang yang Anda kenal tersebut mengatakan ia ingin menyakiti dirinya sendiri atau bahkan terang-terangan ingin bunuh diri dengan konteks pembicaraan yang serius, jangan anggap remeh. Jangan biarkan ia sendirian dan lebih baik tenangkan dan ajak bicara.

Diagnosis Bipolar atau Depresi
Seseorang dengan bipolar dan depresi sangat rentan memiliki pemikiran ingin bunuh diri. Orang yang mengalaminya akan berpikir tidak ada harapan untuk hidup dan kehilangan keinginan untuk hidup.

Perasaan Bersalah
Profesor epidemiologi klinis di psikiatri di Columbia University Medical Center, New York City, Madelyn Gould, PhD, mengatakan bahwa perasaan bersalah akan selalu membuat seseorang tidak pantas hidup dan ini merupakan gejala umum depresi dan kecemasan. Perasaan bersalah bisa memicu orang bunuh diri.

Peminum atau Pemakai Narkoba
Terkadang orang mencari pelampiasan rasa kesal dan stres-nya dengan minum atau menggunakan obat-obatan terlarang. Mereka biasanya punya risiko lebih tinggi berpikir bunuh diri.

Itu beberapa tanda umum yang bisa ditunjukkan seseorang yang punya kecenderungan ingin bunuh diri. Meski memang tampak sehat secara fisik, namun nyatanya kesehatan mental seseorang juga tidak kalah penting diperhatikan. Yuk belajar mengenali tandanya dan cegah bunuh diri pada orang-orang terdekat. (vemale.com/Desy)