Kenali, 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali, 5 Manfaat Buah Pisang yang Baik Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pisang adalah sumber energi manusia karena kaya nutrisi termasuk vitamin A, B, C, dan E serta mineral seperti kalium, seng, dan besi. Namun, masih ada manfaat kesehatan lain dari buah pisang yang disebut dengan buah serbaguna ini.

Pisang merupakan buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Di beberapa kesempatan, buah berkulit kuning ini sering diselipkan dalam menu makanan kita. Selain memiliki rasa manis dan tekstur legit yang enak, buah yang satu ini juga mengandung beberapa kandungan nutrisi penting yang berguna bagi tubuh.

Pisang kaya akan kandungan serat, karbohidrat, potasium, vitamin, dan juga mineral. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan pisang sebagai makanan penunjang diet. Di samping sebagai buah yang enak, manfaat pisang tentu tidak boleh dilupakan begitu saja. Berikut ini beberapa manfaat dari buah yang kaya akan potasium ini.

Pencernaan lebih baik
Sekitar 70 persen serat yang ditemukan dalam pisang tidak larut dalam cairan. Serat ini membantu makanan bergerak dengan cepat dan mudah melalui lambung serta usus. Sehingga, jika Anda sembelit, mengonsumsi pisang bisa membantu meredakan masalah tersebut.

Tidur lebih baik
Jika Anda merasa gelisah dan sulit tidur, pisang menjadi pilihan yang baik sebagai camilan sebelum istirahat. Orang yang makan pisang setelah dua jam mengalami peningkatan kadar melatonin dalam darah mereka. Hormon ini adalah hormon yang membantu mengatur ritme tidur atau dikenal dengan hormon tidur.

Jantung lebih sehat
Pisang kaya akan kalium. Konsumsi satu pisang dengan berukuran sedang mengandung 422 miligram kalium yang merupakan 12 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Buah ini juga rendah kandungan natrium. Sehingga, makanan ini cocok jadi camilan yang menyehatkan jantung, namun mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Meningkatkan semangat berolahraga
Ketimbang mengonsumsi minuman berenergi yang mengandung gula, lebih baik Anda makan pisang sebagai camilan olahraga. Buah ini bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif serta meningkatkan kinerja atlet pria saat balapan sepeda.

Makanan ibu hamil
Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 0,43 miligram atau 33 persen dari vitamin B6 yang perlu Anda konsumsi dalam sehari. Nutrisi ini penting untuk perkembangan otak selama kehamilan dan reaksi enzim yang terlibat dalam metabolisme. Selain itu, kandungan B6 juga bermanfaat untuk trimester pertama.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.