Kenali 6 Alasan Harus Cuci Mobil Sendiri, Nomor 6 Paling Penting

  • Bagikan
Alasan Harus Cuci Mobil Sendiri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebersihan dan keindahan mobil tentu menjadi penunjang kenyamanan saat berkendara. Namun, untuk mencuci mobil sendiri bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Sehingga, banyak dari pemilik mobil yang sering membawa kendaraanya ke car wash alias tempat pencucian mobil karena dianggap lebih praktis.

Selain itu, Anda hanya tinggal duduk manis menunggu mobil selesai dicuci dan membayar. Tentunya hal ini tidak membutuhkan tenaga yang besar dan juga tidak perlu basah-basahan.

Akan tetapi, rupanya mencuci mobil di car wash cukup membahayakan mobil. Pasalnya, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda mencuci mobil sendiri daripada membawanya ke car wash.

Berikut enam alasan Anda harus mencuci mobil sendiri:

Bisa Merusak Cat Mobil
Saat di tempat pencucian mobil tentu tidak cuma mobil Anda saja yang dicuci, tapi ada beberapa mobil lain. Nah, biasanya si petugas pencuci mobil itu hanya menggunakan satu spons untuk beberapa mobil. Kotoran dari mobil lain mungkin saja terbawa dan tersimpan di spons itu.

Bukan tidak mungkin bekas kotoran yang menempel di spons bisa merusak cat mobil Anda. Sedangkan kalau mencuci mobil sendiri, tentunya Anda bisa memastikan kalau spons yang digunakan bersih. Usai menggunakannya bisa Anda bersihkan hingga benar-benar bersih.

Bekas Busa Sabun Menempel di Kaca Mobil
Setiap tempat cuci mobil memiliki cairan sabunnya sendiri. Pastinya kebanyakan yang mencuci mobil di tempat pencucian mobil tidak peduli jenis cairan apa yang digunakan. Yang terpenting mobil bisa menjadi bersih. Tidak jarang cairan tersebut memiliki cairan kimia yang tidak cocok dengan kaca mobil sehingga bisa membuat bekas noda di kaca.

Bekas Air Bisa Timbulkan Noda di Mobil
Sabun bukanlah satu-satunya cairan yang bisa menimbulkan bekas noda pada kaca mobil dan juga bodi mobil. Air biasa pun bisa, apalagi kalau mencuci mobil di siang hari. Menyemprot mobil di siang hari dan tidak segera mengelapnya bisa menimbulkan noda di bodi maupun kaca mobil. Sebaiknya, kalau pemilik mobil ingin mencuci mobil baik itu sendiri ataupun ke tempat pencucian maka hindari cuaca panas terik.

Semprotan Air Terlalu Besar Bisa Bikin Cat Mobil Gompel
Kalau cat mobil hanya sedikit mungkin Anda tidak terlalu masalah. Tapi, kalau kerusakan cat mobil banyak tentu merasa jengkel. Kalau diperhatikan di setiap tempat pencucian mobil, biasanya menggunakan semprotan dengan tekanan besar sehingga bisa menyemburkan air lebih merata dan lebih cepat untuk membersihkan mobil.

Namun, ternyata hal itu bisa berakibat pada kerusakan cat mobil. Cat mobil bahkan bisa mengelupas kalau terlalu sering disemprotkan air dengan tekanan besar.

Lap Mobil Bekas juga Bisa Bikin Cat Mobil Lecet
Ada sebagian tempat cuci mobil yang memanfaatkan lap bekas untuk membantu kanebo mengeringkan mobil usai dicuci. Tapi, hal itu rupanya juga bisa membuat cat mobil lecet.

Bisa Merusak Antena dan Wiper
Namanya bukan mobil sendiri, biasanya mereka yang mencuci mobil Anda di car wash tidak terlalu memerhatikan setiap detil bagian mobil. Yang terpenting adalah mencucinya hingga bersih. Tidak jarang ada antena atau wiper yang patah karena diperlakukan dengan kasar saat sedang dicuci. (detik.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.