oleh

Kenali 7 Cara Mengatasi Pusing Akibat Tekanan Darah Rendah

PortalMadura.Com – Tekanan darah rendah adalah kondisi yang cukup umum dialami oleh beberapa orang, yang terjadi karena terhambatnya pasokan oksigen dan nutrisi penting untuk otak. Hal ini mungkin disebabkan karena kurang minum, kurang tidur, serta haid yang tidak normal.

Bahkan, bisa menyebabkan pusing, muntah, mual, hingga pingsan. Saat mengalami hipotensi, otak kita bisa mengalami kekurangan suplai darah yang cukup dan menyebabkan pingsan. Penyebab hipotensi bisa karena berbagai faktor, seperti masalah jantung, masalah endokrin, dehidrasi, dan kekurangan nutrisi.

Ada jenis minuman dan makanan tertentu yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah. Bila mengalami pusing akibat tekanan darah, kita bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini untuk mengatasinya. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya.

Minum Air Putih
Pertolongan pertama pada tekanan darah rendah adalah minum air puth. Terkadang, tekanan darah rendah disebabkan oleh dehidrasi. Jika tubuh kita kekurangan banyak cairan karena cuaca panas misalnya, cobalah untuk minum banyak air putih. Selain minum air putih, kita juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti buah semangka dan buah jeruk.

Minum Kopi Hitam
Bila tak punya masalah dengan lambung, kita bisa minum kopi hitam untuk mengatasi pusing akibat tekanan darah rendah. Kafein yang ada di dalam kopi hitam membantu meningkatkan tekanan darah secara langsung.

Makan Kismis
Kaya akan kalium, kismis bisa jadi makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah rendah. Rendam 10-20 biji kismis dalam air semalaman. Lalu, keesokan harinya kismis bisa dimakan sekaligus diminum air rendamannya. Bila kita sering merasa pusing akibat darah rendah, kita bisa coba mengganti camilan kita dengan kismis.

Minum Air Madu
Madu merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi. Bila mengalami pusing akibat darah rendah, coba minum air madu. Kita bisa mencampur 2 sdm madu dengan segelas air hangat. Bisa juga ditambah dengan sejumput garam untuk mendapatkan rasa yang lebih kuat.

Baca Juga: DPRD Pamekasan Sarankan Pemerintah Lakukan Rekonsiliasi Nasional

Makan Buah Delima
Buah dilema bisa dikonsumsi untuk menjaga tekanan darah. Kita bisa memakannya langsung atau bisa juga dibuat jus. Mengonsumsi buah delima diyakini bisa meningkatkan tekanan darah kita.

Minum Air Garam
Siapkan segelas air, tambahkan 1/2 sdt garam, aduk. Bila sering mengalami pusing karena darah rendah, kita bisa meminum air garam ini dua kali sehari. Selain itu, kita juga bisa menambah asupan garam dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Minum Jus Buah Bit
Jus dari buah bit mentah bisa meningkatkan tekanan darah kita. Minum segelas jus buah bit dua kali sehari diyakini bisa bantu mengatasi masalah hipotensi.

Bila rasa sakitnya tak kunjung hilang, segera hubungi dokter ya. Bisa jadi kita perlu penanganan dan obat khusus untuk masalah tekanan darah rendah yang kita alami.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com

Komentar