Kenali Manfaat Adaptogen Bagi Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Manfaat Adaptogen Bagi Kecantikan Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, bahan alami sejak dahulu dipercaya memiliki segudang khasiat, baik bagi kesehatan atau pun juga kecantikan. Oleh karena itu, banyak orang memburunya hanya untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Tahukah Anda, sekarang ini ada kandungan bahan alami yang dicari-cari lantaran dipercaya bisa bikin kulit sehat dan terlihat bercahaya. Kandungan tersebut bernama adaptogen. Untuk mengetahui atau mengenal manfaat dari adaptogen untuk kecantikan kulit, alangkah baiknya simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Adaptogen
Meskipun telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda selama ratusan tahun, saat ini istilah adaptogen baru saja ramai diperbincangkan di kalangan umum. Lalu, apakah adaptogen itu sendiri?. Adaptogen adalah kandungan atau zat alami yang memiliki sifat detoksifikasi untuk tubuh dari kelelahan atau stres.

Kandungan ini disebut adaptogen karena mereka dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Dr. Alan Dattner, MD, seorang ahli dermatologi holistik asal New York, cara kerja adaptogen seperti ginseng.

Beberapa orang membutuhkan ginseng untuk mencegah kondisi tubuh yang menurun, sementara yang lainnya membutuhkan ginseng karena kelebihan energi dan membutuhkan sesuatu untuk membuat mereka bisa terlelap. Istilah adaptogen sendiri diciptakan pada tahun 1947 oleh N.V.

Lazarev, seorang farmakologis asal Soviet. Menurut Lazarev, adaptogen tidak hanya membantu tubuh untuk menangkal stres, tetapi efeknya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, serta tidak beracun jika digunakan dalam jangka panjang.

Lalu, manfaat apa saja yang bisa diberikan adaptogen terkait kecantikan kulit?. Menurut Dr. Michael Forman, karena dapat mendetoksifikasi tubuh, adaptogen memiliki sifat anti-inflamasi dan memperlambat kerusakan kortison, sehingga sangat baik untuk mengatasi iritasi dan ruam pada kulit.

Tidak hanya itu, adaptogen juga bersifat anti-aging dan dapat memperlambat munculnya tampilan penuaan pada kulit. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa yang bermanfaat bagi kulit:

Ginseng Siberia
Sebagai adaptogen, ginseng Siberia kaya akan anti-oksidan yang kuat sehingga dapat melawan penuaan pada kulit, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit.

Panax Ginseng
Panax, atau ginseng merah, adalah tanaman akar yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga secara klinis terbukti memiliki sifat anti-aging yang mumpuni.

Goji Berry
Telah populer sejak zaman Dinasti Tang, goji berry adalah ‘keluarga' dari buah beri yang kaya akan anti-oksidan. Minyak dari biji goji berry juga dapat memperbaiki fungsi skin barrier, menstimulasi kolagen, serta membantu penyembuhan luka.

Jamur Reishi
Dalam beberapa tahun terakhir, jamur reishi telah diformulasikan dalam berbagai produk skin care untuk mendetoksifikasi, menghaluskan, dan melindungi kulit karena telah terbukti memiliki sifat anti-alergi, anti-inflamasi, dan anti-oksidan.

Passion Flower
Dikenal karena sifat menenangkannya, passion flower telah digunakan di seluruh dunia selama berabad-abad untuk perawatan kulit karena memiliki sifat anti-bakteri, penyembuhan luka, dan dapat mencegah timbulnya garis-garis halus serta kerutan pada kulit.

Jika tertarik ingin mendapatkan manfaat dari adaptogen, Anda bisa mencari produk-produk skin care dengan kandungan adaptogen atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Saat ini sudah terdapat beberapa produk skin care dengan kandungan adaptogen dalam bentuk konsentrat cair atau serum sehingga Anda dapat menggunakannya secara topikal.

Baca Juga : Dua Pelajar Perempuan Tewas Tenggelam di Sungai Bai, Sumenep

Meskipun sebagian besar adaptogen sangat aman saat digunakan dalam perawatan kulit, pastikan untuk membaca label produk dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, jika memungkinkan, sebelum menggunakannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.