Kenali Penyebab Ban Mobil Cepat Tipis

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Penyebab Ban Mobil Cepat Tipis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas jalanan di Indonesia tidak hanya berlapiskan aspal, namun juga menggunakan beton. Sehingga dengan memanfaatkan lapisan ini, permukaan jalan dianggap lebih awet, terutama saat sering terkena hujan.

Akan tetapi, sebagian orang beranggapan bahwa jalan yang berlapiskan beton lebih boros terhadap penggunaan ban kendaraan. Lantas, benarkah anggapan tersebut?.

Menurut seorang Training and Product Evaluation Department Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Deni Arief Pribadi mengatakan, umumnya jalanan berlapis beton memiliki permukaan lebih kasar.

“Ban itu kan kita ketahui terbuat dari karet, dan karet sangat rentan terhadap gesekan. Jalanan beton memiliki permukaan lebih kasar daripada aspal. Bisa menghasilkan gesekan lebih besar, jadi cepat (menghabiskan kompon ban) ya,” ujarnya.

Sayangnya, lanjut Deni, tidak ada data secara spesifik, berapa persen perbedaan keausan ban yang dipakai untuk jalanan aspal dan jalanan beton. “Sampai saat ini, kami tidak studi mengenai hal itu,” ungkapnya.

Deni menuturkan, selain faktor jalan, hal lain yang bisa membuat ban cepat aus adalah gaya berkendara pengemudi. Meskipun jalanan yang dilalui berlapis aspal mulus, kalau pengemudi menyetir dengan agresif atau terus mengebut, maka permukaan ban juga akan cepat terkikis.

“Jangankan jalanan beton, jalanan aspal aja kalau kita berkendara agresif akan cepat habis bannya. Akan mudah ban bergesekan dengan aspal,” tutupnya. (viva.co.id/Salimah)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.