Kenali Penyebab Katarak yang Berisiko Sebabkan Kebutaan

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali Penyebab Katarak yang Berisiko Sebabkan Kebutaan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Masalah kesehatan pada tubuh akan muncul, dengan bertambahnya usia Anda. Salah satunya yang mengganggu Anda adalah fungsi penglihatan seperti katarak. Orang yang memiliki katarak penglihatannya akan menjadi buram karena lensa mata keruh yang membuat cahaya tidak dapat menembusnya. Bila dibiarkan, katarak bisa menyebabkan kebutaan.

Katarak merupakan penyebab kebutaan paling utama yang diikuti dengan faktor lain seperti glukoma, kerusakan refraktif, dan diabetes retinopati. Menurut dr Tjahjono D. Gondhowiarjo, SpM, PhD, katarak terjadi karena proses penuaan. Setiap orang di usia lanjut memiliki kesempatan terkena katarak. Namun kondisi tertentu seperti minus mata yang terlalu tinggi, sakit asma, alergi, dan konsumsi obat-obatan dapat memperbesar risikonya.

“Bola mata yang minus itu bentuknya lonjong, semakin tinggi minus maka bentuknya semakin lonjong. Kondisi ini membuat bola mata akan regang padahal lensa yang ada di dalamnya sangat bergantung dari kualitas cairan yang disaring oleh darah. Bila jaringan lensa regang, maka kualitas saringannya tidak bagus sehingga proses terjadinya katarak semakin cepat,”

Faktor lainnya adalah paparan sinar matahari berlebih dan layar gadget. Seperti yang diketahui, paparan sinar matahari tak hanya berbahaya bagi kulit. Bila mata menatap langsung ke matahari maka dapat memberikan pengaruh buruk. Selain itu, terlalu sering melihat ponsel dapat membuat minus yang apabila sudah terlalu tinggi cukup berisiko.(Okezone.Com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.