Kenali Tanda Busi Motor Anda Perlu Diganti

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Tanda Busi Motor Anda Perlu Diganti
ilustrasi

PortalMadura.Com – Busi merupakan salah satu komponen penting pada motor untuk memberi pengapian, yakni pemantik yang akan membuat campuran bensin serta udara terbakar, sehingga menghasilkan energi untuk mendorong piston.

Hal ini terbukti, saat mesin mogok atau mengalami kendala lainnya, biasanya bagian busi tidak pernah luput ikut dicek untuk memastikan apakah sektor pengapian tetap prima.

Kendati demikian, busi juga kerap mengalami masalah. Di antaranya, kotoran yang menumpuk hingga membuat pembakaran menjadi tidak maksimal dan usia masa pakai yang telah habis.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi?.

“Ciri-ciri busi bermasalah itu motor sering berebet, kurang bertenaga, susah hidup meskipun dalam keadaan mesin panas,” ujar Sales Manager Hella divisi Roda Dua, Bengbeng.

Selain itu, Bengbeng menegaskan, pemilik kendaraan biasanya melakukan penggantian busi setelah menempuh 20 ribu kilometer atau sekira tiga bulan masa penggunaan.

“Pergantian berkala kalau di tempat kami itu biasanya 20 ribu (km) atau sekira tiga bulanan. Saat servis juga harus diperhatikan benar soal busi, karena memang busi sangat berperan penting untuk motor,” ungkapnya.

Jadi, bagi pemilik kendaraan bermotor, Anda perlu memperhatikan waktu penggantian busi yang tepat. Hal ini, agar motor Anda tidak mogok di tengah jalan. Tentunya, Anda tidak menginginkan itu terjadi kan?. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.