Kendalikan Banjir Kota, Pemkab Sumenep Siapkan Rp 16 Miliar untuk Pompa Air

Avatar of PortalMadura.com
Kepala Dinas PUPR dan Cipta Karya-minKepala Dinas PUPR dan Cipta Karya-min
dok. Kepala Dinas PUPR dan Cipta Karya Sumenep, Bambang Irianto

PortalMadura.Com, – Beberapa tahun terakhir ini wilayah Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, kerap terjadi genangan air atau banjir saat hujan tiba. Guna mengantisipasi terjadinya banjir yang berkelanjutan, Pemda menyiapkan anggaran sebesar Rp 16 miliar untuk pengadaan pompa air pengendali banjir.

“Dana itu nantinya akan digunakan untuk pengadaan pompa pengendali banjir kota dan penguatan tanggul serta rumah pompa,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Cipta Karya, Bambang Irianto, Rabu (20/2/2019).

Pompa air pengendali banjir kota itu nantinya akan ditempatkan di sebelah timur jalan Jati Emas, Desa Pangarangan, Kecamatan Kota. Pompa tersebut akan beroperasi secara otomatis jika terjadi hujan deras, utamanya di wilayah Kota.

“Kalau sudah terjadi ketinggian air tertentu, pintu air akan tertutup sendiri sehingga air yang sudah mengalir arah timur tidak kembali lagi. Sedangkan air yang dari arah barat akan dipompa menggunakan pompa air tersebut,” terangnya.

Baca Juga: Pamit Pergi ke Tambak, Pria Bangkalan Ditemukan Tewas Mulut Berbusa

Lebih lanjut ia menegaskan, selain pengadaan pompa air, Pemda juga melakukan normalisasi atau pembangunan saluran di sejumlah titik. Di antaranya di titik tengah, barat, utara dan timur kota.

“Saat terjadi hujan lebat, ada empat titik yang sering terjadi pusat banjir perkotaan. Jadi, tahun ini kami lakukan perbaikan saluran air dan membangun fasilitas lainnya,” tukasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.