Kera Liar Serang Tanaman Jagung Muda di Basoka

Avatar of PortalMadura.Com
Kera Liar Serang Tanaman Jagung Muda di Basoka
Ist.Net

PortalMadura.Com, – Petani di Dusun Batuguluk, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diresahkan dengan aksi kera liar. Pasalnya,  ratusan kera tersebut menyerang tanaman jagung yang masih muda atau belum siap panen, sehingga jagung tersebut tidak bisa dipanen.

“Kera-kera itu memakan jagung milik warga yang masih belum siap panen,” ungkap Jumadin, petani setempat, Senin (8/2/2016).

Menurutnya, para petani terpaksa harus memanen jagung sebelum waktunya panen. Sebab, jika tidak segera di panen, dipastikan tanaman jagung itu akan habis dimakan kera.

“Warga disini, terpaksa memanen jagungnya lebih awal untuk menghindari aksi kera yang lebih bringas lagi,” tuturnya.

Ia menambahkan, para petani sebenarnya sudah menjaga tanaman jagungnya itu, tapi mereka rupanya kalah dengan aksi ratusan kera tersebut. “Kami sudah menjaga jagung setiap hari, tapi tidak mempan,” imbuhnya.

Aksi kera liar tersebut dihadapi petani setiap musim tanam jagung. Untuk menghindari aksi kera tersebut, para petani mengkomunikasikan persoalan tersebut ke UPT Pertanian Rubaru melalui BPD setempat. Dari upaya tersebut, petani mendapatkan bantuan berupa jaring.

“Tapi, tetap saja jaring perangkap itu tidak mampu,” kata Mansur, salah satu anggota BPD setempat. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.