Kesalahan Sepele Ketika Cuci Muka Ini Bisa Bikin Kulit Rusak

Avatar of PortalMadura.com
Kesalahan Sepele Ketika Cuci Muka Ini Bisa Bikin Kulit Rusak
Ilustrasi (cosmopolitan.co.id)

PortalMadura.Com – Setiap orang memiliki standar tersendiri dalam . Umumnya, wajah dicuci sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas dan juga malam hari sebelum tidur.

Walaupun sebenarnya mencuci wajah itu bertujuan untuk membersihkan sisa makeup di wajah, minyak, keringat dan berbagai polutan, tapi kesalahan kecil saat mencucinya bisa berpengaruh, bahkan membuat kulit menjadi rusak.

Anda tentu tidak mau kan jika mengalami masalah demikian hanya karena kesalahan kecil saja?. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan sabun cuci wajah yang mengandung alkohol.

Sebagaimana menurut spesialis kulit dan ahli bedah kosmetik Paul Banwell, produk yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit wajah dan menghilangkan minyak alami.

“Oleh karenanya, penggunaan tisu wajah juga tidak disarankan. Produk tersebut mengandung alkohol, aroma, dan senyawa sintetis lainnya yang dapat mengiritasi kulit. Pada gilirannya dapat menyebabkan sensitivitas dan kemerahan,” ujar Paul seperti yang dilansir PortalMadura.Com, Rabu (23/10/2019) dari Okezone.com yang mengutip dari Mirror.

Perlu Anda ketahui, hilangnya minyak alami dari kulit wajah dapat mengganggu fungsi penghalang. Hal itu dapat membuat kulit memiliki komedo dan berjerawat. Oleh karenanya, disarankan untuk menghindari mencuci wajah dengan produk yang mengandung alkohol.

“Menggunakan pembersih yang salah dapat memengaruhi fungsi penghalang kulit dan menyebabkan masalah lebih lanjut. Pilihlah produk dengan hati-hati,” kata Paul.

Ia menjelaskan, jika penghalang kulit berfungsi sebagai pelindung dengan cara menghentikan mikroba dari luar agar tidak meresap ke kulit. Selain itu, minyak alami juga menjaga kulit tetap lembap lantaran mencegah terjadinya penguapan.

Jadi, saat Anda memiliki wajah yang berminyak, maka tidak perlu khawatir dan risau. Karena, itu ada manfaatnya bagi kulit. Nah, untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakanlah sabun cuci wajah yang mengandung bahan tertentu.

Baca Juga: Punya Masalah Wajah Berminyak dan Berjerawat? Ini 8 Cara Aman Atasinya

“Kandungan yang penting dalam sabun cuci wajah adalah ceramides. Kandungan tersebut membantu menjaga kulit tetap lembut, mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, dan membantu mempertahankan fungsi penghalang yang baik. Cari sabun cuci wajah dengan kandungan ini,” ucap Paul.

Baca Juga : Yuk, Intip 4 Cara Mudah Mencuci Wajah yang Paling Tepat

Lebih lanjut ia mengatakan, ada pula beberapa perusahaan yang juga memformulasikan produknya mengandung minyak pembersih. Kandungan itu dapat membantu menghilangkan makeup yang membandel.

Sementara itu, tindakan mencuci dan memijat wajah saat dicuci dengan sabun dapat menstimulasi aliran darah dan bertindak sebagai bentuk minor dari drainase limfatik. Kedua hal ini dapat membantu kulit terlihat lebih segar dan cerah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.