oleh

Kesulitan Unduh Media di WhatsApp? 5 Hal Ini Solusinya

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang banyak digandrungi oleh banyak orang. Bukan hanya bisa saling mengirim pesan satu sama lain, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna juga dapat berkirim foto atau pun video.

Pemakaian yang lancar tentunya juga membantu pengguna dalam memanfaatkan aplikasi ini. Namun terkadang, ada saja kendala yang membuat seseorang merasa kesulitan untuk mengunduh foto atau video yang dikirimkan. Bukankah itu justru mengganggu?.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi kesulitan mengunduh file media yang ada di WhatsApp, seperti dilansir PortalMadura.Com dari laman Liputan6.Com, Senin (4/1/2021).

Cek Koneksi Internet

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat kesulitan mengunduh file adalah memastikan perangkat terhubung dengan internet. Karena, koneksi internet menjadi penyebab yang paling mungkin terjadi saat kesulitan mengunduh file di WhatsApp.

Caranya, Anda dapat melihat tanda sinyal yang ada di smartphone untuk memastikan memang internet berjalan lancar. Selain itu, coba akses aplikasi lain atau membuka situs web untuk memastikan perangkat Anda masih terkoneksi internet.

Cek Memori Perangkat

Tidak hanya karena koneksinya, penyebab lain yang dapat membuat Anda kesulitan mengunduh file media adalah kapasitas memori yang Anda miliki. Nah, saat itu terjadi, tentunya Anda akan kesulitan dalam mengunduh.

Oleh sebab itu, selalu pastikan bahwa perangkat Anda mempunyai kapasitas memori yang cukup untuk mengunduh file kiriman orang lain.

Anda juga dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi bawaan yang memang kini tersedia di smartphone Android untuk mengecek kapasitas memori. Apabila memang terlalu penuh, hal yang dapat Anda lakukan adalah menghapus data-data di perangkat.

Pastikan WhatsApp Bisa Akses Memori Perangkat

Hal penting lain untuk mengatasi masalah kesulitan mengunduh file media di smartphone Android adalah memastikan WhatsApp telah mendapat izin mengakses memori penyimpanan perangkat.

Cara melakukannya mudah saja, Anda hanya tinggal membuka menu Setting, lalu pilih Apps & Notification. Kemudian, buka aplikasi WhatsApp, pilih Permissions dan Storage, lalu pilih opsi Allow.

Tutup Paksa WhatsApp

Selain beberapa hal di atas, cara lain yang dapat dilakukan dengan menutup paksa aplikasi WhatsApp atau biasa disebut Force Stop. Caranya, Anda dapat melakukannya dengan membuka menu Settings dan pilih Apps & Notification.

Setelah itu, Anda tinggal memilih membuka aplikasi WhatsApp. Saat sudah terbuka, Anda tinggal ketuk pilih ikon Force Stop untuk menutup aplikasi.

Restart Perangkatmu

Apabila cara yang disebutkan sebelumnya sudah Anda lakukan tapi tidak membuahkan hasil, maka Anda perlu melakukan cara terakhir ini, yaitu dengan me-restart perangkat.

Cara ini memang bisa menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengatasi sejumlah masalah yang ada di smartphone. Namun perlu diingat, Anda juga perlu memastikan apakah memang WhatsApp berjalan normal dan tidak down, sehingga mengakibatkan layanannya tidak berfungsi normal, termasuk mengunduh file media.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.Com

Komentar