oleh

Ketahui Jenis – Jenis dan Gejala Rosacea

PortalMadura.Com – Ruam kemerahan yang biasa muncul pada bagian hidung, pipi, dagu, dan dahi bisa jadi Anda mengalami rosacea. Masalah kulit ini akan semakin memburuk jika tidak segera di obati.

Ada beberapa cara pengobatan untuk mengatasi rosacea ini. Namun sebelumnya harus Anda ketahui jenis-jenis rosacea dilansir dari laman Halodoc.com, Jumat (17/7/2020).

iklan pilbup

Jenis dan Gejala Rosacea

Rosacea memiliki empat subtipe dan setiap subtipe ini memiliki gejala yang berbeda. Berikut jeni-jenis rosacea dan gejalanya:

Subtipe 1

Erythematotelangiectatic Rosacea (ETR), jenis rosacea subtipe 1 ini memiliki gejala berupa warna merah pada wajah, pembuluh darah pada wajah Anda terlihat, kulit membengkak, dan bagian kulit tampak tibul.

Subtipe 2

Papulopustular (atau jerawat) rosacea, adalah kondisi berupa benjolan seperti jerawat dan sering terjadi pada wanita paruh baya. Gejalanya antara lain timbulnya jerawat dan kulit merah, kulit berminyak, kulit sensitif, pembuluh darah pecah yang terlihat, serta bagian kulit yang tampak timbul.

Subtipe 3

Rhinophyma, adalah kondisi yang jarang terjadi yaitu saat adanya penebalan kulit hidung. Namun, biasanya terjadi pada pria dan disertai subtipe rosacea lainnya. Gejalanya antara lain: tekstur kulit yang tidak halus, kulit hidung menebal, kulit pada dagu, dahi, pipi dan telinga menebal, pori-pori membesar, serta pembuluh darah pecah terlihat.

Subtipe 4

Rosacea ocular, dan gejalanya terjadi pada area mata, seperti: mata merah dan berair, mata terasa seperti berpasir, sensasi terbakar dan perih pada mata, mata kering dan gatal, mata sensitif karena cahaya, kista pada mata, berkurangnya kemampuan penglihatan, serta tampak pembuluh darah pecah pada kelopak mata.

Itulah empat jenis rosacea yang harus Anda ketahui. Jika Anda mengalami masalah wajah ini sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Halodoc.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar