oleh

Ketahuilah, 7 Resep Rahasia Awet Muda dan Panjang Umur Lho?

PortalMadura.Com – Tampil awet muda dan panjang umur kerap kali menjadi dambaan setiap orang. Hal ini bisa dilihat dari kulit yang terlihat kencang, bersinar, dan tanpa kerutan. Kabar baiknya, resep panjang umur dan awet muda tak serumit yang dibayangkan.

Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui “resep” sederhana ini. Padahal, hanya memrpaktikan hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, sudah mampu meningkatkan harapan hidup kita. Ada tujuh cara awet muda dan berumur panjang lho?

Optimistis dan peduli sesama
Ada dua cara sederhana yang sudah mampu membuat kita memiliki umur panjang, yaitu sikap optimistis dan peduli sesama. Mereka yang hidup pesimis meninggal selama delapan tahun pertama. Sementara itu, memiliki manfaat dengan rasa kepedulian yang tinggi. Dan mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk merawat pasangannya mampu mengurangi risiko kematian dini.

Tetapkan tujuan
Sekecil apa pun tujuan hidup kita telah menunjukkan keunggulan kita dalam bertahan hidup. Mereka yang hidup dengan niat dan tujuan pasti mampu mempertahankan hidupnya selama lima tahun

Berjemur di bawah matahari
Tingkat vitamin D yang rendah berisiko tinggi pada osteoporosis, diabetes, hipertensi dan kanker. Orang dewasa yang kurang terpapar sinar matahari 26 persen tinggi kemungkinannya untuk mengalami kematian dini. Michael Melamed mengatakan, dengan meneliti 13.000 peserta selama 12 tahun membuktikan vitamin D memiliki dampak yang luas pada kesehatan.

Oleh karena itu, ia menyarankan kita untuk mengonsumsi susu yang kaya vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit antara pukul 11.00-15.00. Lakukan hal tersebut selama beberapa hari seminggu, dan jangan lupa gunakan tabir surya. Kita juga bisa mengonsumsi suplemen anti penuaan.

Perbaiki DNA
Dean Ornish mengatakan, kebiasaan sehat dapat memperbaiki DNA. Ornish melakukan riset yang meneliti para vegetarian penuh yang mengonsumsi 10 persen kalori dari lemak, serta menerapkan kebiasaan jalan kaki 30 menit selama enam hari dalam seminggu. Hasil riset menunjukkan adanya penurunan kolesterol LDL dan tingkat stres, serta kenaikan telomerase sebanyak 29 persen.

Enzim telomerasi berfungsi untuk memperbaiki dan memperpanjang telomere, protein kecil kompleks di ujung kromosom yang penting untuk kekebalan dan umur panjang. Telomer pendek dan tingkat telomerase yang rendah menandakan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker, serta semakin memburuknya kondisi tubuh saat kita jatuh sakit.

Jaga aliran darah ke jantung
Menurut Dr. Oz, dua hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk tetap awet muda dan sehat adalah berjalan dan membangun komunitas. Meyia-nyiakan kesempatan untuk berjalan kaki mendatangkan risiko kematian. Hanya 15 menit berjalan kaki akan menawarkan manfaat kesehatan.

Sementara itu, membangun komunitas dapat menghindari isolasi. Perasaan isolasi membuat kita kehilangan tujuan hidup. Dan saat kita tak memiliki alasan untuk hidup, maka peluang untuk mengalami kematian dini semakin tinggi.

Kurangi konsumsi daging merah
Sebuah penelitian yang dilakukan selama sepuluh tahun terhadap orang Amerika Serikat menemukan, bahwa orang yang makan sekitar empat ons daging sapi atau babi sehari 30 persen lebih mungkin untuk meninggal lebih awal. Mengonsumsi daging merah yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar yang tinggi.

Berolahraga
Manfaat olahraga telah lama dibuktikan oleh para ahli. Berolahraga, meski hanya rutin jalan kaki atau bermain tenis bersama pasangan, sangat bermanfaat bagi fisik dan mental kita. Dengan kata lain, gaya hidup aktif juga berperan besar untuk meningkatkan harapan hidup kita.(Kompas.Com/Nurul)