Umat Muslim, Ini Cara Urus Jenazah Pasca Bencana Alam

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini Cara Urus Jenazah Pasca Bencana Alam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Akhir-akhir ini banyak terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami yang menyebabkan banyak nyawa melayang. Korban-korban berjatuhan dan perlu ditangani dengan segera. Kondisi yang darurat membuat pengurusan jenazah terpaksa dilakukan tidak seperti biasa layaknya kondisi normal. Namun, pengurusan jenazah tetap dilaksanakan sesuai dengan ketentuan syariat Islam, hanya saja tata pelaksanaannya yang berbeda.

Ustadz Fauzan amin mengatakan, “Pada dasarnya, dalam situasi normal, mayat wajib dimandikan, dikafani, disalatkan, dan dikuburkan, sesuai ketentuan syari’at. Dalam situasi darurat di mana pengurusan (penanganan) jenazah tidak mungkin memenuhi ketentuan syari’at seperti di atas, maka cara pengurusan jenazah dilakukan dengan tata cara tertentu,”

Jenazah boleh tidak dimandikan dan langsung di kuburkan. Pakaian yang melekat pada mayat atau kantong mayat dapat menjadi kain kafan bagi jenazah sekalipun terkena najis. “Jika terdapat halangan untuk memandikan jenazah, misalnya tidak ada air atau kondisi jenazah sudah tercabik atau gosong, maka cukup ditayamumkan saja. Jika tidak mudah mendapatkan kain kafan yang menutupi seluruh badannya, maka kepala dan badannya yang panjang ditutupi dengan kain kafan dan badannya yang masih terbuka ditutup dengan idzkhir (sejenis rumput yang bau harumnya) atau rumput jerami lainnya.

Sesuai yang tertulis dalam hadis HR. Bukhori, Muslim: Ahkamul Janaiz: 78. “Mayat boleh disalati sesudah dikuburkan walaupun dari jarak jauh (shalat ghaib). Dalam keadaan darurat, menguburkan jenazah korban wajib segera dikuburkan. Jenazah boleh dikuburkan secara massal dalam jumlah yang tidak terbatas, baik dalam satu atau beberapa liang kubur dan tidak harus dihadapkan ke arah kiblat,” .

Penguburan secara massal tersebut boleh dilakukan tanpa memisahkan jenazah laki-laki dan perempuan. Selain itu, jenazah pun boleh langsung dikuburkan di tempat jenazah ditemukan. Wallahu a’lam bisshowab. (Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.