PortalMadura.com

Ketua DP : Tidak Musim Pendidikan Murah Identik Bermutu

  • Selasa, 5 Agustus 2014 | 13:09
Ketua DP : Tidak Musim Pendidikan Murah Identik Bermutu
Ilustrasi

Portamadura.Com, Bangkalan – Pernyataan menarik dilontarkan Ir. H. Mondir Rofi’i, Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur tentang pendidikan.

“Saat ini tidak lagi musim konsep pendidikan murah dengan output anak didik yang berkualitas atau bermutu,” katanya, Selasa (5/8/2014).

Hal ini disampaikannya terkait masih adanya pungutan-pungutan di beberapa sekolah dari jenjang Sekolah Dasar Hingga SMA.

Asalkan mekanisme dan pengelolaannya benar, maka hal tersebut masih bisa dibenarkan.

“Kemajuan sekolah ditentukan atas dasar dua hal. Yaitu mutu pendidik dan fasilitas yang dimiliki sekolah,” terangnya.  Namun, lanjutnya, Sekolah dan Komite Sekolah di masing-masing lembaga pendidikan harus juga bersikap bijak.

“Kalaupun ada anak didik dari keluarga tidak mampu namun memiliki potensi yang besar, maka harus ada sebuah kebijakan tertentu bagi mereka. Misalnya dengan mengurangi biaya sumbangan atau bahkan membebaskan sama sekali,” pintanya.

Hari Jadi Sumenep

Mondir mencontohkan beberapa sekolah maju baik Negeri maupun swasta dengan output pendidikan yang sangat berkualitas di Jawa.

“Para pengelola pendidikan disana menerapkan bea masuk yang cukup besar kepada para siswanya.

“Namun fasilitas pendidikan yang menunjang anak-anak didik juga sangat lengkap. Sehingga kegiatan belajar mengajar dan pemenuhan kurikulum Sains diknas berjalan dengan tidak menemui hambatan sama sekali,” terangnya.

Ra. Mondir, sapaan akrab Ketua DP ini, juga mengingatkan kepada para orang tua siswa untuk meningkatkan pasrtisipasi mereka kepada sekolah.

“Keperdulian para orang tua siswa terhadap Sekolah dimana anak-anaknya dititipkan juga penting,” katanya.

Semua kebijakan Sekolah tidak akan mungkin terealisasi bilamana tidak didukung oleh semangat dan partisipasi yang sama para orang tua atau wali murid.(dit/nia)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional