oleh

Keunikan Museum Keraton Sumenep di dalam Bangunan Pertama

PortalMadura.Com, Sumenep – Bagi masyarakat Madura, khususnya warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tidak asing lagi dengan Museum Keraton. Namun, bagi masyarakat luar Madura, ketika mendengar nama Pulau Madura tentu identik dengan Garam dan Budaya Kerapan Sapi.

Dirasa tidak lengkap jika anda tidak berkunjung ke Museum Keraton Sumenep yang banyak mengandung nilai sejarah. Salah satunya, Kereta Keraton yang merupakan pemberian Pemerintah Belanda kepada Sultan Abdurrahman sebagai ucapan terima kasih.

Alat ini menjadi satu-satunya alat transportasi yang dipakai oleh para punggawa dan bangsawan Keraton saat berkunjung ke daerah-daerah kekuasaanya. Kereta Keraton tersebut berada di bangunan pertama. Didalamnya juga banyak benda lain peninggalan masa kerajaan berjaya. Semisal, alat musik, dan kursi goyang.

Peninggalan lainnya, berupa jambangan berasal dari Thailand, sekitar abad XVII M, dihiasi motif binatang dan tumbuhan, berwarna kuning dibawah glasir coklat. Berfungsi sebagai tempat air.

Tempayan berasal dari Cina Selatan, sekitar abad XVII M. Dihiasi ukiran motif naga, glasir coklat. Berfungsi sebagai tempat air. Apa saja keunikan di gedung (bangunan) kedua Museum Keraton Sumenep? Ikuti terus Jelajah bersama Tim PortalMadura.Com (Hartono)



Komentar