Khas Bandung, Ini Cara Bikin Cilor Tusuk yang Enak dan Gurih

Avatar of PortalMadura.com
Khas Bandung, Ini Cara Bikin Cilor Tusuk yang Enak dan Gurih
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu jajanan yang berasal dari Bandung yaitu cilor atau cilok telor. Camilan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan telur.

Biasanya, makanan ini dijumpai di sekolah-sekolah ataupun di pusat keramaian. Walaupun harganya terbilang murah, tapi kalau soal rasa jangan diragukan lagi. Apalagi jika dicampur dengan saus pedasnya, pasti akan membuat Anda ketagihan ingin mencoba lagi.

Nah, penasaran ingin mencoba?. Yuk intip resepnya di bawah ini:

Bahan Adonan Biang:

Air sebanyak 200 cc
Tepung terigu sebanyak 100 g
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya

Bahan Cilor:

Tepung tapioka sebanyak 100 g

Bahan Celupan:

Telur ayam sebanyak 1 butir, kocok lepas

Cara Membuat Cilor:

Masukan bahan-bahan adonan biang dalam sebuah panci, aduk hingga rata dan tidak ada bagian yang menggerindil, lalu masak dengan api kecil saja sampai membentuk gumpalan.

Setelah menggumpal segera matikan api, dan biarkan dulu adonan sampai agak dingin. Selanjutnya, sedikit demi sedikit tepung tapioka bisa dimasukkan ke dalamnya sambil terus diaduk hingga rata dan menjadi adonan yang bisa dibentuk.

Siapkan dulu panci berisi air dan masak hingga mendidih, lalu buat bentuk bulatan kecil dari adonan tadi, masukan ke dalam panci dan masak hingga matang. Cilok yang sudah matang akan mengapung, jadi bisa segera diangkat.

Setelah ditiriskan sebentar, cilok bisa dimasukan tusukan sate dengan jumlah sesuai dengan selera, bisa sampai 4-5 untuk setiap tusukan. Sesudah semua cilok diberi tusukan, celupkan masing-masing ke dalam kocokan telur dan putar sampai merata.

Goreng cilor hingga matang dan warnanya menjadi agak cokelat. Setelah semuanya selesai digoreng, cilor bisa disajikan hangat bersama saus tomat pedas sesuai selera Anda. Selamat mencoba. (resepnasional.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.