Khasiat Tersembunyi Peppermint Oil untuk Kecantikan, Yuk Intip

Avatar of PortalMadura.com
Khasiat Tersembunyi Peppermint Oil untuk Kecantikan, Yuk Intip
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu jenis essential oil yang mempunyai segudang manfaat yaitu . Produk ini bisa dipakai untuk kepentingan medis, aromaterapi, kuliner dan juga perawatan tubuh.

Peppermint oil juga banyak ditemukan dalam produk kecantikan. Karena manfaat yang terkandung di dalamnya itu, tidak heran minyak esensial ini menjadi produk yang naik daun sejak tahun lalu.

Mau tahu apa saja manfaat peppermint oil untuk kecantikan?. Simak penjelasan di bawah ini ya guys, lengkap dengan cara menggunakannya:

Mengatasi Bibir Kering yang Pecah-pecah
Anda mungkin sering menyadari betapa seringnya peppermint digunakan sebagai bahan campuran pada lip balm. Penggunaan ini bukan sekadar untuk memberikan aroma dan rasa saja pada lip balm.

Peppermint memiliki kemampuan untuk menenangkan, mendinginkan, serta menyebuhkan bibir yang pecah-pecah. Tidak hanya itu, minyak ini juga dapat memperlancar peredaran darah pada bibir sehingga Anda bisa mendapatkan bibir yang merah alami.

Anda bisa merasakan manfaat ini dengan membuat DIY lip balm menggunakan 3 sendok makan cocoa butter, 2 sendok makan minyak kelapa, dan 12 tetes peppermint essential oil. Campurkan hingga merata, lalu aplikasikan pada bibir setiap dibutuhkan.

Melawan Kulit Berminyak
Meskipun dapat digunakan pada jenis kulit apapun, peppermint oil akan sangat berguna untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak atau kombinasi. Peppermint memiliki kandungan astringent yang berfungsi mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menuangkan peppermint oil pada bola kapas, lalu usapkan perlahan pada keseluruhan wajah. Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan pelembap dan skin care lainnya. Manfaat ini juga dapat Anda rasakan dengan menggunakannya sebagai masker.

Caranya, campurkan 5 ml peppermint oil yang sudah diencerkan, dengan parutan timun dan green clay. Aduk hingga merata dan gunakan pada wajah sebanyak 2 kali seminggu.

Stimulasi Pertumbuhan Rambut
Mulai menyadari adanya penambahan jumlah rambut yang rontok?. Waktunya untuk mulai merawat rambut menggunakan peppermint oil. Minyak peppermint dapat meningkatkan aliran darah pada kulit kepala dan memberikan stimulasi pada folikel rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Untuk merasakan khasiat ini Anda cukup mencampurkan 5 tetes peppermint oil dengan 90 ml minyak kelapa, lalu pijatkan campuran ini pada kulit kepal selama 3 menit.

Setelah terdistribusi dengan baik pada kulit kepala, diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas menggunakan sampo hingga bersih. Minyak peppermint dapat meresap dengan mudah pada kulit kepala, menutrisi rambut, sekaligus memperkuat rambut dari akarnya.

Melembapkan Rambut
Salah satu manfaat peppermint oil adalah untuk melembapkan rambut. Anda yang memiliki masalah dengan rambut kering dan rusak, dapat menggunakan peppermint oil untuk melembapkan rambut secara alami.

Minyak ini dapat mengunci kelembapan sehingga rambut akan lebih lembap dan tampak lebih sehat. Untukmenggunakannya, campurkan peppermint oil dengan carrier oil, lalu aplikasikan pada rambut. Bungkus rambut menggunakan shower cap dan handuk hangat selama 20-30 menit agar campuran minyak dapat meresap dengan baik, lalu bilas hingga bersih.

Anda juga bisa mengaplikasikan campuran ini pada kulit kepala untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut yang lebih ternutrisi.

Mencegah Jerawat
Punya masalah dengan jerawat yang membandel?. Peppermint oil dapat menjadi salah satu solusinya. Peppermint memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, minyak ini juga dapat mengurangi peradangan pada jerawat, mengontrol sebum pada kulit, dan mengecilkan jerawat. Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung pada area yang berjerawat atau membuat campuran menggunakan aloe vera gel.

Caranya adalah dengan mencampurkan seperempat cangkir aloe vera gel, 3 tetes peppermint oil, dan 3 tetes tea tree oil, aduk hingga merata lalu aplikasikan pada wajah. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.