Kodim Bangkalan Wujudkan Prajurit Profesional melalui UTP Umum

Avatar of PortalMadura.Com
Kodim Bangkalan Wujudkan Prajurit Profesional melalui UTP Umum
Uji Terampil Perorangan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Kodim 0829/Bangkalan, Madura, Jawa Timur menggelar kegiatan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Komplek Makodim Bangkalan yang diikuti seluruh anggota prajurit Bintara dan Tamtama dari Koramil 01 hingga 18 jajaran Kodim 0829/Bangkalan.

Komandan 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, mengatakan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum digelar untuk merealisasi program kerja dari satuan atas sebagai ujian bagi perorangan sesuai fungsi dan jabatan masing-masing.

“Selain itu, untuk mengetahui sampai sejauh mana penguasaan pengetahuan dan keterampilan para anggota mulai dari yang berpangkat Tamtama (Pratu-Kopda) sampai dengan Bintara (Serda-Peltu),” katanya, Jumat (20/5/2016).

Selain latihannya sesuai dengn BPUP 1 sampai 7, para prajurit juga dilatih cara mengatasi bila terjadi bahaya bencana alam di wilayahnya, tentunya diaplikasikan di lapangan nantinya.

“Prajurit wajib mengasa dan meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam kegiatan latihan perorangan yang tentunya sesuai buku petunjuk BPUP 1 sampai dengan 7 dari Komando Atas. Kerena, kegiatan ini telah ditetapkan dalam program kerja,” ujarnya

Saat ini, sebanyak sekitar 150 anggota Kodim 0829/Bangkalan mengikuti UTP umum tersebut.

Jenis materi latihan yang harus dilaksanakan oleh prajurit selain materi dasar prajurit yaitu pengetahuan senjata M16A1, ilmu medan/Navrat, teknik tempur dasar (Niksarpur), 5 kemampuan teritorial, Binwanwil, Binkomsos, dan ketatalaksanaan Binter serta materi dasar yang lain.

Dandim, mengatakan, bahwa faktor keamanan tetap menjadi prioritas utama dan harus tetap dijaga.  Sehingga pada akhir latihan mendapat hasil yang maksimal dan dalam kondisi tertib, lancar dan aman.

Letkol Inf Sunardi Istanto,  menambahkan, sasaran yang diharapkan dari UTP yakni prajurit TNI terutama para Baintara dan Tamtama di lapangan dapat mengaplikasikan semua kegiatan tersebut.(rls/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.