Kominfo Bangkalan Sulit Realisasikan Program Informasi Terintegrasi antar OPD

Avatar of PortalMadura.Com
Kominfo Bangkalan Sulit Realisasikan Program Informasi Terintegrasi antar OPD
Agus Zein

PortalMadura.Com, - Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur kesulitan dalam menerapkan sistem informasi terintegrasi antar organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Sekretaris , Agus Zein menjelaskan, kendala utama dalam pemusatan sistem informasi terintegrasi terletak pada sumber daya manusia (SDM).

Hingga saat ini, Dinas yang masih numpang di Kantor Dishub tersebut belum mandiri secara SDM, sehingga masih tergantung terhadap instansi lain untuk memonitor sistem informasi yang ada di kantor tersebut.

“Yang paling sulit itu tenaga IT, selama ini kita sudah dibantu melalui program sistem tenaga dari UTM, karena keterbatasan kami dari sumber daya manusianya,” terang dia, Senin (13/11/2017).

Dengan demikian, pihaknya masih mencari cara untuk keluar dari ketergantungan tersebut agar ketersediaan SDM menjadi mandiri. Selain pembenahan infrastruktur, pihaknya juga mempersiapkan SDM untuk diikutkan pelatihan khusus di bidang IT.

“Makanya organisasi Kominfo ini salah satunya mempersiapkan pengembangan sumber daya manusia, Saya rasa, tidak terus menurus ketergantungan terhadap pihak lain, sehingga kita persiapkan laboratoriumnya, makanya ini harus ada dulu,” katanya.

Berdasarkan instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik disebutkan, bahwa pemerintah telah menyiapkan aplikasi Government Public Relation (GPR) Widget untuk menyebarluaskan narasi tunggal, sehingga Kominfo perlu mewujudkan melalui informasi yang terintegrasi dari berbagai OPD di daerah.

“Jadi, Kominfo itu harus berdiri sendiri dalam rangka menfasilitasi dan mendorong elektronik government itu meski ketersdiannya tidak harus sekaligus,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah memasukkan rencana tersebut dalam tahun anggaran berikutnya. Semua OPD di Bangkalan akan ditekankan untuk membuat Web sendiri yang di hosting ke Dinas Kominfo setempat.

“Nanti semua OPD harus membuat Web, yang terintegrasi ke sini, karena selama ini hanya ada empat instansi yang punya web,” pungkasnya.(Hamid/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.