oleh

Komisi III DPR Sumenep Pertanyakan Kualitas Jalan Raya Lenteng

PortalMadura.Com, Sumenep – Komisi III DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur mempertanyakan kualitas jalan di jalan raya Lenteng, Desa Torbang, Kecamatan Batuan, Sumenep. Pasalnya, jalan yang baru dibangun pada akhir tahun 2015 itu saat ini sudah banyak yang rusak seperti retak-retak dan bergelombang.

“Kami menginginkan pekerjaan proyek ditahun 2015 itu kualitasnya bagus, tapi ternyata masih ada yang kurang baik, seperti di jalan raya Lenteng ini. Ini menjadi tanggungjawab pihak ketiga untuk memperbaikinya,” ungkap ketua Komisi III DPRD Sumenep, Dulsiam, Kamis (7/01/2016).

Ia menerangkan, untuk ketebalan jalan, pihaknya sudah menganggap cukup atau sesuai standart yakni 6 cm lebih.

“Tinggal menunggu hasil laboratorium soal kualitasnya. Kalau ketebalan sudah bagus. Kalau kualitasnya ternyata dibawah standart, kami pasti tindaklanjuti,” bebernya.

Sementara itu, kepala Dinas PU Bina Marga, Edi Rasiadi menilai, rusaknya jalan yang baru dibangun itu akibat tidak adanya saluran air disepanjang jalan tersebut, akibatnya air masuk kejalan.

“Kalau kami lihat dari kondisinya, ini akibat dari air yang masuk kejalan karena dipinggir jalan tidak ada saluran,” kata Edi.

Pembangunan jalan di jalan raya Lenteng tu menghabiskan anggaran daerah sebesar Rp7 miliar lebih dengan panjang 3 kilometer.

“Pekerjaan ini masih dalam masa pemeliharaan, jadi ini masih tanggungjawan kontraktor,” bebernya.

Ia optimis pihak kontraktor bisa memperbaiki kerusakan itu. Namun, jika tidak diperbaiki, pengguna anggaran masih bisa mengklaim sisa dana sebesar 5 persen yang belum dicairkan itu.

“Lima persen dana itu sekitar Rp350 juta. Ini nanti bisa diklaimkan kalau pihak kontraktor tidak memperbaikinya, tapi kami sudah mengirim surat ke kontraktor agar diperbaiki,” tukasnya. (arifin/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.