oleh

Konferensi World Zakat Forum Lahirkan 11 Resolusi

PortalMadura.Com, Jakarta – Konferensi World Zakat Forum (WZF) di Malaysia telah menghasilkan 11 resolusi tentang penguatan zakat global.

Sekretaris Jenderal World Zakat Forum (WZF) Bambang Sudibyo menyampaikan Resolusi Melaka 2018 di hari terakhir International conference di Melaka, Malaysia pada Kamis di hadapan 300 peserta dari 28 Negara.

Beberapa resolusi dari pertemuan tersebut antara lain komitmen anggota WZF untuk memerhatikan filosofi dan nilai-nilai inti dari zakat dalam meningkatkan kesejahteraan umat.

“Zakat harus dianggap sebagai sumber keuangan pelengkap dalam pencapaian SDGs,” ujar Bambang dalam keterangan resmi, Jumat.

Bambang menambahkan bahwa peran zakat dalam memerangi kemiskinan dan memajukan inklusi sosial harus dipromosikan.

WZF juga menyerukan kepada semua anggotanya untuk mengadopsi zakat sebagai instrumen kebijakan penting dalam pembangunan sosio-ekonomi di Negara mereka masing-masing.

Sebagai platform gerakan zakat global, World Zakat Forum (WZF) memiliki peran untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan zakat dan kerja sama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan umat, termasuk memerangi kemiskinan.

“Oleh karena itu WZF menyelenggarakan Konferensi Internasional Forum Zakat Dunia dengan tema Memperkuat Kerja Sama Zakat Global dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat,” kata Bambang. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (7/12/2018).

Bambang menjelaskan dalam konferensi tersebut juga membahas berbagai topik kontemporer dan terkini tentang perkembangan zakat global seperti Zakat dan SDGs, kerjasama zakat antar Negara, memperkuat peran Forum Zakat Dunia, serta Good Amil Governance dan peningkatan transparansi dan akuntabilitas lembaga zakat.

Dia menambahkan konferensi tersebut juga mencatat peran zakat yang semakin meningkat dalam menyelesaikan kemiskinan global dan ketidaksetaraan.

Selain itu, kata Bambang, WZF mengusulkan pendekatan baru dengan menggunakan pilar ketiga Islam.

Hasil lain dari konferensi zakat Internasional di Malaysia imbuh Bambang, adalah bergabungnya 10 Negara baru dalam World Zakat Forum.

Kesepuluh Negara anggota baru antara lain Australia, Srilanka, Kazakhstan, Ghana, Maladewa, Senegal, Liberia, Togo, Benin dan Sierra Leon. Dengan bergabungnya 10 Negara tersebut, maka WZF saat ini telah memiliki anggota sebanyak 33 Negara. (AA)