oleh

Konsumsi Kacang Ini Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

PortalMadura.Com – Kacang hijau salah satu sumber makanan tinggi nutrisi yang tak bisa diabaikan. Semua orang mengenal dengan yang namnya kacang hijau, kacang yang kaya akan serat serta rendah kalori ini sangat berguna untuk kesehatan. Meski sudah umum diolah menjadi berbagai makanan sehari-hari, namun masih jarang diulas seperti apa kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh.

Salah satu manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi makanan mengandung kalium sebanyak 4.700 miligram per hari dan kacang hijau menjadi salah satu sumber kalium terbaik pada makanan yang menjaga kesehatan jantung.

Loading...

Tidak heran jika penderita hipertensi dianjurkan makan kacang hijau. Karena nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dan menetralkan efek kelebihan sodium di dalam tubuh, sehingga tidak menyebabkan pengentalan darah serta inflamasi pada pembuluh darah.

Kacang hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam cinnamic dan lainnya. Antioksidan sangat baik melawan radikal bebas, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar. Antioksidan akan menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dari inflamasi yang memicu masalah kesehatan.

Penelitian menemukan bahwa antioksidan kacang hijau mampu melindungi tubuh dari berkembangnya kanker paru-paru dan kanker perut. Bahkan kecambah dari kacang hijau punya lebih banyak kandungan antioksidan daripada dalam bentuk kacang saja.

Jadi, jangan abaikan kacang hijau meski kecil namun manfaatnya besar. Konsumsi kacang hijau secara teratur namun tidak berlebihaan. Semoga bermanfaat.(Vemale.Com/Nurul)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar