Konsumsi Minyak Ikan Selama Kehamilan Bisa Perkuat Tulang Anak Menurut Penelitian

PortalMadura.com - Tak Berkategori
Konsumsi Minyak Ikan Selama Kehamilan Bisa Perkuat Tulang Anak Menurut Penelitian
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui, sejak dulu minyak ikan memiliki banyak manfaat terutama bagi tumbuh kembang anak. Bahkan, pemerintah Inggris menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsinya. Meski demikian, para peneliti tetap ingin membuktikan manfaat yang didapat dari konsumsi minyak ikan bagi anak-anak.

Studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari University of Copenhagen dan Imperial College London, menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan miliki lebih banyak otot dan tulang yang lebih kuat.

Tidak hanya itu, angka indeks massa tubuh (BMI) anak-anak tersebut juga lebih tinggi dibanding teman seusianya. Meski demikan, tidak ada peningkatan massa lemak yang teramati oleh para peneliti.

Temuan tersebut didapatkan setelah percobaan yang melibatkan 736 wanita hamil. Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama diberi minyak ikan setiap hari dari usia kehamilan 24 minggu hingga seminggu setelah kelahiran anak-anaknya. Sedangkan kelompok kedua merupakan kelompok kontrol yang mendapatkan plasebo berupa minyak zaitun.

Selanjutnya, anak-anak yang dilahirkan diamati tinggi badan, berat badan, kepala, dan pinggang sejak lahir sampai usia 6 tahun. Selain itu, komposisi tubuh mereka juga dinilai menggunakan pemindaian dual energi X-ray absorptiometry (DXA).

Hasilnya, anak-anak yang ibunya mengonsumsi minyak ikan memiliki BMI lebih tinggi. Namun, angka tersebut tidak menunjukkan presentase lemak melainkan peningkatan proporsional massa otot dan tulang.

“Suplementasi minyak ikan dari minggu ke-24 kehamilan menyebabkan BMI yang lebih tinggi pada anak-anak dari usia nol hingga enam tahun, tetapi tidak meningkatkan risiko obesitas pada usia 6 tahun,” tulis para peneliti dalam laporan di British Medical Journal dikutip dari The Independent.

Artinya, suplemen minyak ikan tersebut punya efek merangsang pertumbuhan umum anak-anak.

Dikutip dari Science Daily, para peneliti memberikan kesimpulan bahwa Komposisi tubuh anak-anak pada usia enam tahun yang diberi sumplemen minyak ikan ditandai dengan peningkatan proporsional dalam massa otot, tulang, dan lemak menunjukkan efek merangsang pertumbuhan umum.

Efek dari suplemen minyak ikan tersebut tak hanya pada proporsi komposisi tubuh saja. Reaksi alergi pada anak-anak tersebut juga diamati menurun secara siginifikan. Pada tingkat asma misalnya, para peneliti menemukan penurunan 30 persen pada kelompok minyak ikan.

FYI, minyak ikan sendiri berisi lemak Omega-3 yang berlimpah dalam minyak ikan cod. Sayangnya, lemak esensial ini tidak dapat dibuat oleh tubuh kita. Artinya, kandungan ini bisa kita peroleh dari suplemen makanan.

Itulah hasil penelitian yang dibuat oleh para peneliti mengenaik manfaat minyak ikan yang sangat baik perkuat tulang anak bila dikonsumsi selama kehamilan. Semoga bemanfaat. (kompas.com/Nanik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.