Tak Berkategori  

Kontes Robot Hidrolik Ajang Kreativitas Anak Surabaya

Avatar of PortalMadura.com

–  Ajang kreativitas anak-anak SD-SMP se-Surabaya akan diuji dalam acara yang berlangsung pada tanggal 11 Mei 2014 bertempat di Metropolis Apartment Lt. 3 (MI School).

Sebuah kegiatan yang disiapkan oleh komunitas Inspiring Youth Educators dengan Yayasan Wiguna Bina Insani dan Yayasan Generasi Kreatif ini dikemas secara menarik dan kompetitif.

Menurut Reza Claudia, pembuatan robot hidrolik ini mengasah kreativitas dan memahami konsep mekanika fluida dengan belajar dan bermain. “Kegiatan ini bertujuan agar adik-adik SD dan SMP bisa memahami konsep mekanika fludia dengan belajar, bermain dan mengasah kreativitas” tutur Reza Claudia selaku Ketua Panitia.

Kontes Robot Hidrolik merupakan kontesnya para peserta karena sejak awal para peserta merakit robotnya sendiri di tempat dengan waktu 2 jam. Selama 2 jam itulah para peserta diasah untuk menujukkan kreativitas, imajinasi dan khayalan peserta untuk membuat robot hidrolik. Sejumlah 30 tim pun mengikuti kegiatan ini dengan ceria dan suka cita. 20 tim SD dan 10 Tim SMP ikut memeriahkan acara ini.

Kontes Robot Hidrolik yang diketuai oleh Reza Claudia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan di Surabaya. “Kontes Robot Hidrolik merupakan Kontes Robot Hidrolik Pertama di Surabaya” lanjut ejak, sapaan akrabnya. Tepat pada pukul 13.00, setiap peserta memulai kontesnya untuk menampilkan hasil karyana dengan menyelesaikan tantangan-tantangan yang sudah dibuat sesuai dengan tingkatannya masing-masing.

Ada 2 divisi, yakni divisi TransMed untuk SD yang bertugas memindahkan balok ke sebuah tempat yang lebih tinggi kemudian memindahkan balok tersebut ke tempat yang lebih tinggi lagi dengan cara mengoperasikan robot hidrolik tersebut. Sedangkan divisi TransAdv memindahkan 3 objek berupa balok, tabung hollow dan bola pimpong. Seluruh peserta diberikan waktu selama 5 menit untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

Meriahnya acara ini semakin terasa saat dukungan dari para suporter yang berasal dari sekolah asalnya sedang tampil untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Menurut Ejak, yang juga merupakan volunteer 1 Inspiring Youth Educators mengatakan tantangan-tantangan tersebut sudah diujicoba dengan sebuah robot yang disiapkan oleh panitia. “Setiap tantangan tersebut sudah diuji coba oleh panitia sebelum di jadikan lomba dan waktu 5 menit itu sudah bisa menyelesaikan semua tantangan” tutur ejak.(deliknews/htn)

Kontes Robot Hidrolik tersebut berakhir pada pukul 17.00 dan menghasilkan para juara-juara yang diraih oleh :

Divisi TransMed (untuk SD)
Juara I : Tim Yusuf dari SDK Dharma Mulya
Juara II : Tim Daud dari SDK Dharma Mulya
Juara III : Tim Sara dari SDK Dharma Mulya
Juara IV : Tim twin dr SDIT Al Mishbah Jombang

Divisi TransAdv (untuk SMP)
Juara I : Tim Jovano dari SMP Widya Wiyata
Juara II : Tim Sego Pecel dari SMPN 12
Juara III :Tim  MF dari MI School

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.