oleh

Konvoi Dilarang, 136 Personel Kepolisian Disiagakan pada Pelantikan Bupati & Wabup Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyiagakan 136 personel pada pengamanan pelantikan Bupati dan Wabup Sumenep terpilih pada Pilkada Serentak 2020.

Kabagops Polres Sumenep, Kompol Robial, Rabu (24/2/2021), pengamanan itu melibatkan polres dan jajaran polsek. “Dan dilarang ada konvoi guna menghindari kerumunan,” tegasnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu kepastian tempat dan waktu pelantikan. “Kita masih menunggu keputusan dari Gubernur Jatim. Apakah daring atau di Surabaya,” katanya.

Dimanapun tempat pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih, kata dia, pengamanan tetap dilakukan.

Bedanya, pada pola dan sistem pengamanan jika pelantikan di lakukan secara daring. “Meskipun nanti dilaksanakan di Surabaya, pengamanan tetap akan dilaksanakan di daerah,” jelasnya.

Pihaknya mengingatkan agar pendukung tidak ikut mengantar pasangan bupati dan wakil bupati yang akan dilantik. Apalagi ada konvoi.

“Jika tidak mengindahkan, akan ditindak tegas. Mulai dari pembubaran dan bila mengarah pada tindakan pidana, kita akan usut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep terpilih pada Pilkada Serentak 2020 dijadwalkan pekan ke-4 Februari 2021.

“Pelantikan dilakukan virtual, sekitar tanggal 27 atau 28 Februari 2021,” terang Plh Bupati Sumenep, Edy Rasiyadi, Kamis (18/2/2021).

Pelantikan itu merujuk pada SE Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditandatangani oleh Dirjen Otda (15/2) nomor 131/966/OTDA.

“Yang pasti tetap dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes),” katanya.

Mekanisme pelantikan, kata dia, Bupati dan Wakil Bupati Terpilih mengikuti pelantikan di daerahnya masing-masing dengan undangan terbatas.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar