oleh

Koperasi NU Sampang Kelola Sentra Niaga Garam

PortalMadura.Com, Sampang – PC NU Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur dipercaya mengelola garam rakyat di daerah setempat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sampang, Eni Muharjuni memaparkan, pengelolaan garam itu adalah bentuk kerja sama sentra niaga garam dengan koperasi milik Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC NU) Sampang.

“Kerjasama itu dalam usaha membantu memasarkan atau menjual hasil produksi petani garam,” terang Eni, Selasa (28/11/2017).

Konsepnya, petani menyetorkan produksi garam ke gudang dan akan mendapatkan resi dan bukti penyimpanan garam yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk meminjam uang ke bank untuk modal.

Program ini, pemerintah juga telah memberikan bantuan peralatan kepada para petani seperti geomembran, dan truk, sehingga diharapkan garam yang dihasilkan sudah berkualitas satu.

Loading...

Dikatakan, untuk program tersebut telah dibangun gudang sentra niaga garam dengan menelan anggaran APBN 2017 sebesar Rp1,9 miliar.

Gudang tersebut dibangun di Jalan Makboel, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang.

Dijelaskan, pembangunan gudang sudah mencapai 80 persen, dengan target akan selesai pada akhir tahun 2017.

Terpisah, Ketua Koperasi Syirkah Mu’awanah PC NU Sampang, Mukyan Hasbullah membenarkan, kerja sama tersebut.

“Ia, benar Mas. Dinas sudah koordinasi dengan kami, bekerja sama mengelola untuk membantu memasarkan garam petani,” terang Mukyan via telepon.

Pihaknya menyampaikan, semua anggota, struktural PC NU bersyukur dan sangat setuju karena mendapat perintah kerja sama untuk mengelola. Apalagi, pengelolaannya menyentuh kepada kesejahteraan petani garam.(Rafi/Nanik)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar