Kopling Basah Vs Kering, Ini Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

Avatar of PortalMadura.com
Kopling Basah Vs Kering, Ini Kelebihan dan Kekurangan Keduanya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Di antara beberapa komponen yang ada pada kendaraan, kopling merupakan salah satu komponen yang juga berperan penting pada sepeda motor.

Fungsi dari alat ini adalah sebagai penerus putaran mesin dari poros engkol ke roda gigi mesin yang kemudian diteruskan ke roda belakang.

Ada beberapa jenis kopling yang umumnya digunakan oleh pengendara. Di antaranya kopling gesek, fluida, sentrifugal, dan kopling magnet.

Bagi pengendara roda dua, kopling yang sering digunakan yaitu jenis gesek tipe plat yang dibagi menjadi kopling plat basah dan . Apa perbedaan dari keduanya itu?.

merupakan jenis kopling yang terendam oleh oli. Untuk kopling jenis ini biasanya digunakan untuk motor matik. Sedangkan kopling kering tidak terendam oli dan digunakan pada jenis bebek dan sport.

Lantas, apa kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis kopling tersebut?.

Kelebihan

Dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari Federal Oil, untuk kopling kering, keunggulan yang diandalkan ialah tidak mudah selip, terutama saat pemilik kendaraan salah memilih oli mesin. Hal ini berkaitan dengan kopling yang tidak terendam oli.

Khusus kopling basah, komponen ini mempunyai kelebihan tidak cepat aus karena terendam oli, sehingga pelumasan pada komponen ini akan lebih sempurna.

Kekurangan

Dari kelebihannya itu, tentu setiap komponen memiliki kekurangan tersendiri, adapun kelemahan kopling kering ialah, lebih cepat aus karena tidak terendam oli.

Baca Juga : Mau Kopling Mobil Awet? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Sedangkan kopling basah sangat tergantung pada kualiats oli yang digunakan. Apabila oli terlalu licin maka akan mudah selip. Selain itu, hambatan geseknya kurang, sehingga tidak seefektif kopling pelat kering.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.