KPU Jatim Siap Gelar Pilkada Serentak di 19 Kabupaten/Kota

Avatar of PortalMadura.Com
KPU Jatim Siap Gelar Pilkada Serentak di 19 Kabupaten/Kota
Gogot Cahyo Baskoro

PortalMadura.Com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur siap menggelar pemilihan kepala daerah () secara di 19 Kabupaten/Kota Jawa Timur pada tanggal 9 Desember 2015.

“Saat ini, KPU di daerah sudah membentuk petugas adhoc ditingkat kecamatan dan desa,” kata Komisioner KPU Propinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, saat menjadi narasumber sosialisasi tahapan dan pencalonan Pilkada di Sumenep, Selasa (26/5/2015).

Pada prinsipnya ke 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur sudah siap melaksanakan pilkada, sebab penyelenggara pemilu sudah melaksanakan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) sebagai persyaratan untuk mencairkan dana pilkada.

“Hanya tinggal beberapa Kabupaten/Kota saja yang tinggal teknis administrasi pencairan dana hibah dari pemerintah daerah seperti di Kabupaten Banyuwangi, tapi hanya tinggal pencairannya saja, semuanya sudah beres,” ucap Gogot Cahyo.

Ia menegaskan, pada pertengahan Juni, PPK dan PPS sudah bisa memulai bekerja dengan melakukan pemutahiran data pemilih.

“Bagi Kabupaten/Kota yang anggarannya minim bisa disiasati dengan menggunakan dana APBD murni ditambah dengan APBD Perubahan, karena APBD Perubahan bisa dilakukan pada bulan Agustus,” terangnya.

Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep hasil Pilkada 2010, akan berahir pada bulan Oktober 2015, sedangkan pelaksanaan Pilkada serentak dijadwalkan pada bulan Desember 2015. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.