oleh

Kreen! Sumenep Gelar Festival Kuliner Nusantara

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar Festival Kuliner Nusantara, Sabtu-Minggu (14-15/7/2018).

Even yang merupakan rangkaian tahun kunjungan wisata 2018 (Visit Sumenep 2018) itu, dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Indonesia.

Ikuti dan saksikan serta rebut hadiahnya jutaan rupiah. Pada even tersebut, ada lomba memasak Soto Sabreng khas Sumenep, lomba mewarnai serta Vlog competition.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengemukakan, even ini salah satu wujud pengembangan wisata kuliner yang diaktualisasikan dalam rangkaian Visit Sumenep 2018.

“Jadi, harapan kami, kuliner Sumenep lebih dikenal lagi dan berdampak pada peningkatan ekonomi warga Sumenep,” katanya, Kamis (12/7/2018).

Selain memperkenalkan wisata yang sudah menjadi program unggulan pemerintah Sumenep tahun 2018, juga dalam upaya mengangkat potensi kuliner.

“Setiap wisata pasti ada kuliner yang menjadi ciri khasnya. Sumenep juga punya kuliner khas Sumenep,” pungkasnya.

Lomba Memasak
Pada lomba memasak ini fokus pada kuliner khas Sumenep yakni ‘Soto Sabreng Sumenep‘. Penilaiannya, tentu pada rasa, kebersihan, estetika dan hal lainnya yang akan disampaikan langsung pada saat workshop. Kegiatan ini bertempat di jalan utama kota Sumenep, Jalan Trunojoyo.

Lomba Mewarnai
Lomba mewarnai dikhususkan pada anak-anak usia PAUD, TK dan Pra-SD. Temanya berkaitan dengan tema kuliner nusantara. Bertempat di depan Makodim Sumenep. Ada tim yang akan memandu lomba mewarnai ini.

Vlog Competition
Lomba ini dapat diikuti oleh semua kalangan, baik siswa, mahasiswa, maupun kalangan profesional lainnya. Cara membuat dan materi yang harus disajikan pada vlog yang dilombakan akan disampaikan langsung oleh tim dari panitia.

Selama pelaksanaan Festival Nusantara tersebut, juga akan digelar pawai kuliner nusantara dan akan dihadiri oleh 150 agen travel seluruh Indonesia yang akan disambut langsung oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

Dan bintang tamu, Chef Marinka, Ir. Arief Yahya M.Sc dan Chef Adi.

Chef Marinka dengan nama lahir Maria Irene Susanto, lahir di Jakarta, 22 Maret 1980 atau lebih dikenal dengan panggilan Rinrin Marinka yang merupakan seorang koki selebriti Indonesia.

Baca : Visit Sumenep 2018, 42 Even Siap Digulirkan Sepanjang Tahun

Bagi yang berminat untuk mengikuti even tersebut, dapat ditanyakan langsung di Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sumenep atau via telepon; Arif Firmanto (0853 3404 3111), Agus Salam (0852 5779 9777), Annisa Dwi Sofiyah (0878 5002 6288), dan Ibu Nora (0819 3843 9500).

(Hartono)